Sang Striker David Da Silva: Jejak Prestasi dan Karir

David Da Silva salah satu pemain sepak bola asal Brasil pernah bergabung dengan klub Internasional selalu menarik untuk dibahas, baik prestasi  atau kelebihan  kekurangannya. Apa lagi di era sekarang banyak pemain muda naturalisasi  yang memperkaya persepakbolaan Indonesia. 

Salah satu pemain yang layak untuk dibahas adalah  David “bomber” da Silva, pesepakbola asal Brasil kelahiran 12 November 1989 (umur 35 tahun). David mempunyai pengalaman bermain di klub-klub Brasil  sejak usia 20 tahun seperti Birkirkara FC liga Malta, Ceará SC dan Figueirense, 

Sedangkan di luar Brasil ia pernah bermain di klub-klub Kanazawa 2016 Japan League Division 2, Al Khor 2017-2018 Qatar stars League, Pohang Steelers 2019 Korsel K league 1, Terengganu 2021 Liga Super Malaysia.

Selintas Jejak Prestasi David da Silva di Indonesia

Selintas Jejak Prestasi David da Silva di Indonesia

Selintas Jejak Prestasi David da Silva di Indonesia

Awal-awal kehadiran meramaikan persepakbolaan Indonesia ia bergabung di PSM Makassar di Laga Indonesia Soccer Championship A di Lag  Disingkat ISC A thn 2016 merupakan laga strata tertinggi di Indonesia. Sayangnya tidak berlanjut karena kompetisi ini diluar PSSI,sehingga dibekukan FIFA.

Persebaya Surabaya 2018-2019, 2020-2021, Persib Bandung 2021-sekarang.Dua klub ini banyak berlaga di Indonesia Liga 1 yang merupakan kasta teratas liga sepakbola profesional Indonesia dimana di 2 klub itu prestasi David da Silva diukir.

Prestasi David da Silva  bersama Persebaya

Prestasi David da Silva  bersama Persebaya

Prestasi David da Silva  bersama Persebaya

Bergabung 30 Januari kita tengok di pertandingan Liga 1 Indonesia prestasi  David da silva  bersama Persebaya Surabaya tahun 2018 mencetak 20 goal dan 3 assists di 23 laga, 2019 14 goal dan 3 assist di 17 laga , 2020 1 goal di 2 laga. 

Di Persebaya Surabaya penampilan David  sebagai penyerang dan playmaker yang aktif membawa Persebaya ke posisi runner up di Liga 1 Indonesia 2019, dimana klasemen akhir sebagai berikut Bali United, Persebaya, Persipura, Bhayangkara FC dan Madura United.

Di laga memperebutkan  Piala Gubernur Jatim 2020 Persebaya berhasil juara dengan mengalahkan Persija Jakarta 4-1.  Sayangnya di pertandingan ini David  tidak berhasil memasukan bola ke gawang lawan.

Julukan Bomber Persebaya Surabaya  untuk David memang pantas , dengan posisi sebagai penyerang yang konsisten menyerang lawan terlihat dari jumlah gol yang dicapai. Selain kekuatan dan kecepatan insting yang tajam dalam melihat peluang juga dimilikinya.

Prestasi David   di Persebaya berhasil membuyarkan “kutukan di Persebaya” tentang striker asing, dimana sering mendapatkan striker asing yang kurang bisa diandalkan dalam mencetak gol.

Pada 2018 dia mampu membukukan 24 gol dalam 24 pertandingan di semua ajang, 2019 sempat pindah ke Pohang  Steelers Korea Selatan. Setelah itu kembali ke  Persebaya dan mencetak 15 gol dari 19 pertandingan.

Sayangnya kebersamaan David  bersama Bajol Ijo (sebutan persebaya) harus berakhir dengan nama harum  yang melekat di hati bonek Surabaya. 

Ada cerita mengapa David tidak kembali ke Persebaya setelah selesai kontraknya dengan Terengganu berakhir. Pelatih Aji Santoso mengatakan visinya untuk mencetak bintang daripada membeli bintang. 

Prestasi David da Silva  Bersama Persib

Prestasi David da Silva  Bersama Persib

Prestasi David da Silva  Bersama Persib

Tahun 2021 tepatnya 15 Desember 2021 David bergabung dengan Maung Bandung Persib, dengan julukan  sebagai striker handal bergabungnya David membawa semangat dan hawa segar di Persib Bandung.  

BACA JUGA  Klasemen Madura United di Pertandingan Piala Presiden 2024 Terbaru!

Prestasi David Da Silva di Persib di mulai di pertandingan Liga 1 dimana Liga 1 ada lah kompetisi Liga Profesional Tingkat pertama dalam sistem liga sepakbola Indonesia. Tahun 2021-2022 dengan 15 pertandingan perolehan  David  7 gol dan 1 assist. 

Prestasi David   makin menanjak dimana di tahun 2022-2023 dengan 33 kali laga David  mencetak 24 gol dan 5 assist.

Pada tahun 2023-2024 dengan 34 kali pertandingan gol yang dicetaknya sebanyak 30 kali dan 9 assist. 

Tahun 2023-2024 Prestasi David da Silva berhasil membawa Persib sebagai juara BRI Liga 1 2023/2024 sekaligus meraih gelar individu top scorer dengan 36 gol sepanjang musim. BRI Liga merupakan pertandingan liga profesional tertinggi Indonesia yang disponsori BRI.

 

Tahun 2024- saat ini di Liga Indonesia 1 dengan pertandingan 3 kali gol dan assist yang dicetak 2 gol. Untuk tahun 2024 Persib terpilih sebagai salah satu tim mewakili Asia Tenggara bersama klub- klub negara lain di laga AFC Champions League 2024,.

AFC Champions League adalah Kompetisi tahunan yang melibatkan klub-klub terbaik dari liga-liga di Asia  Seperti klub Liga Pro Saudi, Korea dan Jepang. Dari Indonesia biasa diikuti oleh persib, persija Jakarta, Arema Malang dan Bali United.

Evaluasi Prestasi David di Persepakbolaan Indonesia

Secara individu Prestasi David da Silva  meraih gelar top scorer dengan 36 gol sepanjang musim ini . Selain itu striker asal Brasil yang diberi julukan Cak Gundul oleh para Bonek ini masih berada di puncak pencetak gol terbanyak sepanjang masa Liga 1 dimulai 2018

Secara jumlah gol terbanyak dalam Liga 1 Indonesia sebanyak 37 gol pada 2017 striker Bali United dan David  berada di urutan ke 2 dengan perolehan goal 30 di tahun 2023-2024.. 

Membandingkan prestasi David da Silva  dengan pemain asing lain bisa dilakukan, dengan statistik 96 gol dan 21 assist dalam 124 laga bahkan  secara rasio bahkan lebih baik dari pemain lain meski dengan pertandingan lebih sedikit. 

2018 merupakan tahun pertama David  berlaga di Liga 1 bersama Persebaya, tidak mudah bagi dia untuk diterima di Persebaya ada penolakan dari Bonek karena dianggap masih pemain klub lain. Ditambah kemampuannya diragukan karena pernah tampil di media berkaca mata.

Berkat keuletan dan kerja kerasnya semua dipatahkan dengan prestasi, dimana di akhir musim si cak gundul  meraih 20 gol dalam 23 pertandingan dan terus berprestasi bersama Persebaya.  Hingga musim bola meredup akibat pandemi COVID 2019. 

Jumlah Prestasi David da Silva goal selama di Liga 1 sampai agustus 2024 berjumlah 98 baik ketika bersama Persebaya Surabaya maupun Persib Bandung.Hanya butuh 2 gol lagi untuk bisa mencapai angka 100. 

 

Karir dan Profile David  di International

Striker kelahiran Brasil  1989 ini memulai debut persepakbolaan sebagai pemain sepak bola di liga – liga bawah di Brasil ,tetapi tidak mencapai kesuksesan. Hijrah lah dia ke Jepang dan bermain untuk klub Kanazawa  tahun 2016.

Zweigen Kanagawa merupakan klub bola Jepang bermain di J2 League yang merupakan divisi ke 2 sepak bola Jepang.  David  berhasil membuat 1 gol di 8 laga pertandingan.  Kanagawa sendiri merupakan klub J 2 League dan berusaha naik ke J 1 League tapi tidak berhasil.

Setelah Jepang David  pindah ke Al Khor SC di qatar. di tahun 2017. Al Khor sendiri merupakan klub yang bermain di Qatar Stars League, merupakan divisi teratas sepak bola di Qatar. meskipun belum berprestasi seperti klub Al Duhail dan Al Sadd.

BACA JUGA  Link Jalalive Terbaru

Di Al Khor David bermain di lini depan dan bermain selama satu musim. Meskipun sebentar  David mempunyai kontribusi mencetak gol.  Dari Qatar dia pindah ke Korea Selatan Pohang Steelers . Klub Pohang Steelers ini merupakan salah satu klub sepak bola tersukses di Korsel.

Klub ini pernah menjuarai K League divisi teratas Korea  dan juga AFC Champion League  tahun 1997, 1998, dan 2009.  Di klub ini David  berhasil mencetak 2 gol dari 9 laga. Prestasi  David da Silva mulai bersinar ketika dia hijrah ke Indonesia.

Tahun 2018 David hijrah ke Indonesia dan meraih sukses sebagai striker di Persebaya Surabaya. Sayangnya di tahun  2020/2021 karena iklim persepakbolaan yang kurang baik David memutuskan pindah ke trengganu hanya setahun dan kemudian kembali ke Indonesia..

Penilaian Tentang Prestasi David 

Sebagai striker David  selalu berusaha keras untuk memenangkan klub nya tapi kadang itu bisa membawanya ke pelanggaran-pelanggaran yang tidak disengaja. Prestasi David da Silva didapat dari kontrol emosi dan  permainan, terlihat dari perolehan kartu kuning dan kartu merah.

Dari data persebaya Surabaya David mendapatkan 5 kartu kuning 0 kartu merah dan ketika bermain bersama Persib Bandung mendapat 12 kartu kuning 0 kartu merah. Dari sini dapat dinilai David merupakan striker yang baik dalam mengendalikan emosi dan permainan.

Menurut pengamat David mempunyai keunggulan antara lain pencetak gol, berwawasan international, bermental juang yang tinggi, fisik dan kecepatan yang baik, kreatif dalam memberikan assist dan pengalamannya di berbagai klub membuat david dapat bekerja sama dengan baik.

Flexibilitas posisi dan pergerakan tanpa bolanya  menjadikan David figure pesepakbola yang berbahaya dan  menghibur. Berbahaya dalam menyerang dari lawan sisi mana saja dan menjadi tontonan yang menarik ketika david mengeksekusi.

Selain keunggulan dan prestasi David da Silva ada beberapa kelemahan antara lain kemampuan bertahan yang kurang . Terbiasa menjadi striker membuat David agak lemah sisi pertahanan. Postur fisik kurang besar membuat David kewalahan ketika berhadapan dengan striker berbadan besar.

Catatan Dan Prediksi

Lanjutan Liga 2024/2025 akan ada pertandingan menarik antara Persebaya vs Persib dimana David pernah menjadi striker di persebaya dan sekarang harus berhadapan. Dalam 2 pertandingan lalu David tidak bermain karena sakit, pelatih Persib menyatakan David sudah pulih dan akan bermain.

Dari situs Transfermarkt David dianugerahi gelar Footballer of the Year 2024. oleh pengguna situs. tersebut di Indonesia. David sendiri berkeinginan untuk menjadi pemain Timnas Indonesia dan bersedia menetap di Indonesia sebagai syarat berharap pelatih timnas memilihnya untuk seleksi.

Menurut Transfermarkt Indonesia David bernilai sekitar idr 3.4 milyar data Juli 2024  dimana masih menurut Transfermarkt nilai pasar David pernah mencapai idr 5.2 milyar thn 2019 bersama Persebaya.  

Prestasi David da Silva di Persebaya dan Persib terutama tahun terakhir ini dan niat nya untuk bergabung ke Timnas Indonesia sangat menarik para pecinta sepakbola indonesia. Para pecinta bola tentu berharap David dapat  mengharumkan Indonesia melalui Timnas.

Niat David untuk bergabung dengan Timnas nampaknya sangat kuat sehingga dia bersedia menetap di Indonesia sebagai salah satu syarat Naturalisasi, tapi melihat usia David sekarang (2024) 35 tahun apakah masih ada peluang untuk terpilih, dimana saat ini usia tertua Timnas 32 thn.

Para pecinta sepakbola tentu ingin selalu update dan berharap  dengan Prestasi David da Silva di laga-laga dia nanti, silahkan memilih saluran streaming yang baik dan real time seperti Live streaming Jalalive.

Related Articles

Back to top button