Calvin Verdonk: Biodata dan Fakta Menarik Si Anak Baru Naturalisasi 

Calvin Verdonk menjadi nama yang banyak dicari jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Zona Asia. Nama pemain muda ini muncul sebagai bakal pemain tim nasional Indonesia yang akan dinaturalisasi. Setelah mendapatkan persetujuan dari pihak FIFA. 

Pemain kelahiran 97 ini bisa dipastikan akan menjadi salah satu punggawa Tim Nasional Indonesia. Debut penampilannya pun sangat menarik perhatian dalam pertandingan melawan Filipina di Stadion Gelora Bung Karno pada 11 Juni 2024 lalu. 

Proses Calvin Verdonk naturalisasi sendiri sudah berhasil pada 4 Juni 2024 lalu. Pemain bola muda ini memposting dirinya setelah mengambil sumpah WNI. Terlihat, ia mencium bendera merah putih pada foto yang diunggahnya di media sosial. 

Calvin Verdonk Profil 

Calvin Verdonk Profil 

Calvin Verdonk Profil 

Pemain naturalisasi yang seringkali dianggap si anak baru ini memang belum lama menjadi bagian dari tim nasional Indonesia. Namun, performanya sudah menarik banyak perhatian, apalagi di banyak laga, Verdonk seringkali diterjunkan secara full time. 

Tidak heran, banyak orang apalagi penggemar sepak bola berusaha mencari biodata, profil dan fakta menarik dari pemain sepak bola muda satu ini. Untuk lebih mengenal, punggawa naturalisasi dari Timnas Indonesia ini, berikut adalah biodata selengkapnya: 

  • Nama: Calvin Ronald Verdonk
  • Tinggi Badan: 174 cm 
  • Tempat dan Tanggal Lahir: Dordrecht Belanda/ 27 April 1997
  • Usia: 27 tahun
  • Posisi: Bek kiri dan Lini Tengah
  • Tim: N.EC. Nijmegen, Tim Nasional Sepak Bola Indonesia 

Calvin Verdonk lahir di Belanda, namun ia bisa dinaturalisasi ke Tim Nasional Indonesia karena memang memiliki keturunan Indonesia. Darah Indonesianya sendiri berasal dari ayahnya. 

Ayah dari Verdonk ternyata lahir di Aceh tepatnya di Meulaboh. Selain itu, nenek dan kakek dari keluarga Verdonk juga merupakan orang Aceh. 

Fakta Seputar Calvin Ronald Verdonk 

Fakta Seputar Calvin Ronald Verdonk 

Fakta Seputar Calvin Ronald Verdonk 

Biodata singkat di atas hanya memberi sedikit informasi mengenai si anak baru naturalisasi ini pada penggemar sepak bola tanah air. Padahal, masih banyak fakta menarik yang bisa dicari tahu mengenai punggawa Timnas Indonesia satu ini. 

Karena itu, selain Calvin Verdonk biodata berikut adalah fakta menarik mengenai pemain sepak bola satu ini. Mulai dari karir sepak bola sampai dengan cerita dibalik proses naturalisasinya di Indonesia:

1. Jebolan Akademi Feyenoord 

Ternyata Verdonk sudah tertarik ke dunia sepak bola sejak muda, hal ini membawa Verdonk muda masuk ke Akademi Feyenoord. Bagi penggemar sepak bola dunia, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama akademi Feyenoord. 

Akademi ini merupakan salah satu akademi yang didirikan oleh klub ternama di Belanda. Bahkan, merupakan salah satu tim yang bisa dikatakan paling legendaris di Belanda. Pada periode 2013 sampai dengan 2015, Verdonk menjadi bagian dari tim junior  De Trots Van Zuid. 

Setelah bermain di tim junior, Calvin Verdonk karir mengalami peningkatan dan mendapatkan promosi ke tim senior pada musim 2015/2016. 

BACA JUGA  Jalalive Siaran Langsung Sepakbola: Pengalaman Menonton yang Berbeda

2. Banyak Pengalaman di Liga Belanda 

Verdonk memang memulai pelajaran dan karir sepakbolanya bersama dengan Feyenoord. Namun, ternyata pengalaman sepak bolanya tidak hanya terbatas di dalam klubnya saja. Verdonk sendiri sudah banyak pengalaman di Liga Belanda. 

Bahkan, sempat mencicipi Liga Portugal dengan membela Famalicao. Banyaknya pengalaman Verdonk dengan klub lain ini. Karena Verdonk seringkali dipinjamkan ke klub di Liga Belanda lain. 

Setelah menyelesaikan masa juniornya di Feyenoord, Verdonk sempat dipinjamkan ke beberapa klub. Misalnya, ke PEC Zwolle pada tahun 2016, kemudian ke NEC Nijmegen pada tahun 2017.  Pada tahun 2020, Verdonk sempat mencicipi Liga Portugal sampai akhirnya kembali. 

Calvin Verdonk klub memang seringkali berganti-ganti, namun ia merasakan kecocokan dengan Liga Belanda. Akhirnya, Verdonk memilih untuk menetap bersama NEC Nijmegen sejak Juli 2022 lalu hingga saat ini. 

Seperti yang diketahui, bahwa NEC Nijmegen bukanlah klub yang bisa dianggap remeh di Liga Belanda. Klub tempat bernaung Verdonk ini merupakan klub kasta teratas di Liga Belanda. 

3. Usaha Naturalisasi Sejak 2019 

Walaupun merupakan nama baru dalam daftar pemain naturalisasi pemain Indonesia. Namun, ternyata Verdonk sudah diincar sejak tahun 2019. Tidak heran, karena nama Verdonk sendiri sangat dikenal sebagai harapan muda di Feyenoord. 

Banyak penggemar sepak bola Indonesia pun meminta agar Verdonk segera dinaturalisasi agar bisa membela tim garuda. Namun, usaha naturalisasi tidak bisa dilakukan semudah dikatakan, dan barulah berhasil pada tahun 2024 ini. 

4. Memang Ingin Menjadi WNI 

Calvin Verdonk WNI merupakan hal yang sudah lama dipikirkan oleh Verdonk. Bahkan, pada suatu wawancaranya di kanal YouTube Yussa Nugraha yang dirilis pada 31 Maret 2024 lalu. Verdonk sudah lama mempertimbangkan menjadi seorang WNI. 

Namun, proses naturalisasi memang tidak bisa berjalan dengan cepat walaupun ada keinginan besar. Pada wawancara tersebut, Verdonk mengungkapkan bahwa proses naturalisasinya memang tengah diurus dan memang ingin bermain menjadi bagian dari Tim Nasional Indonesia. 

5. Bek Kiri Serba Bisa 

Secara resmi, Verdonk menepati posisi sebagai bek baik di klub NEC Nijmegen maupun bersama Tim Nasional Sepak Bola Indonesia. Verdonk sendiri di berbagai klub lainnya, memang seringkali mengambil posisi sebagai bek. 

Namun, Verdonk bukanlah bek kiri sembarangan, ia terbukti bisa berperan di posisi manapun ketika dibutuhkan. Pada berbagai pertandingan, Verdonk terlihat mampu mengisi berbagai posisi yang dibutuhkan. 

Walaupun secara resmi posisinya ada di Bek kiri, namun ia bisa mengisi posisi seperti bek tengah. Sampai dengan gelandang bertahan, hal ini membuktikan seberapa besar kemampuan Verdonk dalam melengkapi kebutuhan tim dalam pertandingan. 

6. Keturunan Aceh 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, Verdonk bisa dinaturalisasi di Indonesia karena masih memiliki darah Indonesia dan merupakan keturunan Indonesia. Tidak disangka, bahwa Calvin Verdonk keturunan tanah Serambi Mekkah atau Aceh. 

Lantaran keluarga ayahnya yang ternyata berasal dari Aceh. Mulai dari kakek dan nenek dari ayahnya yang merupakan orang aceh. Belum lagi, ayahnya sendiri yang memang lahir di Aceh tepatnya lahir di Meulaboh. 

7. Kenyang Pengalaman di Semua Lini Usia 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pengalaman Calvin Verdonk di Liga Belanda memang sangat banyak. Tidak hanya karena Verdonk seringkali dipinjamkan oleh Feyenoord ke berbagai klub lain di Liga Belanda maupun luar Belanda. 

Namun, karena Verdonk sudah merasakan semua level kompetisi sepak bola yang ada di Belanda. Mulai dari skuad termuda di U-15, U-17, sampai dengan U-19. Verdonk pun pernah berkompetisi di level U-21 dan juga memasuki level seniornya. 

BACA JUGA  Justin Hubner: Bek Tengah yang Siap Mencuri Perhatian Dunia

Jadi, bisa dipastikan jika Verdonk tidak hanya sekedar pemain yang berbakat dan berasal dari luar negeri saja. Namun juga, kaya akan pengalaman dengan banyaknya jenis pertandingan, klub, dan berbagai posisi yang pernah diisinya sepanjang karir. 

8. Performa Selama di Liga Belanda 

Pengalaman tinggi dari Verdonk disertai dengan catatan performanya yang cukup menakjubkan untuk ukuran pemain muda. Verdonk tercatat sudah terjun ke 257 pertandingan sepak bola di berbagai level dan klub. 

Pada pertandingan-pertandingan tersebut dia mencetak 13 gol dan 14 assist. Selain itu, banyak sekali momen di mana ia menjadi pendukung dalam menciptakan kesempatan untuk membobol gawang lawan. 

Bahkan 117 kali pertandingan yang dilakukannya, sukses dengan banyak assist yang berujung dengan gol. Jika dilihat dari kemampuan bermainnya dan juga posisi yang sering ditempati, bisa disimpulkan Verdonk memang seringkali menjadi pendukung bagi timnya daripada eksekutor. 

BACA JUGA : Lengkap! Klasemen Arema FC di Pertandingan BRI Liga 1

Performa Bersama Tim Nasional Sepak Bola Indonesia 

Performa Bersama Tim Nasional Sepak Bola Indonesia 

Performa Bersama Tim Nasional Sepak Bola Indonesia 

Popularitas dari nama pemain sepak bola asal Belanda ini memang bukannya tanpa alasan. Karena memang performanya sejak debutnya melawan Filipina pada 11 Juni 2024 lalu sangat menarik perhatian. 

Berikut adalah beberapa catatan seputar penampilan Calvin Verdonk timnas yang pastinya cukup menjadi alasan mengapa pemain satu ini begitu menarik perhatian: 

1. Bermain Sebagai Starter 

Debut Verdonk di Tim Nasional Sepak Bola Indonesia diawali dalam laga Indonesia melawan Filipina. Pada laga ini, Verdonk sudah diterjunkan sebagai starter dan bermain selama 67 menit sebelum digantikan oleh Arhan. 

Pada laga ini, bisa dipastikan performa Verdonk turut mengukuhkan pertahanan dari tim Garuda. Hal ini membuahkan kemenangan atas Filipina dengan skor 2-0. Setelah itu, pada berbagai laga Verdonk juga sering dijadikan starter atau masuk memperkuat di tengah. 

2. Tekel Ganas 

Calvin Verdonk skill memang sangat menarik perhatian, terutama di posisi sebagai lini pertahanan. Pada laga melawan Australia dan Arab Saudi, di mana Indonesia berhasil mengumpulkan poin untuk melaju ke babak lebih dekat dengan Piala Dunia 2026. 

Karena berhasil menahan imbang dua negara dengan tim sepak bola yang terbilang kuat tersebut. Indonesia berhasil menahan Arab Saudi dengan skor 1-1, sedangkan saat melawan Australia, Indonesia juga berhasil imbang dengan skor kacamata yaitu 0-0. 

Verdonk tercatat melakukan 3 tekel dengan sukses, empat sapuan, blok, sampai dengan duel udara. Performanya tetap mengagumkan sampai dengan laga melawan Australia, di mana di laga ini Verdonk kembali tampil dengan galak. 

Dalam laga ini, tercatat Verdonk melakukan dua blok, 8 tekel yang sukses, lima sapuan, bahkan Verdonk berhasil mengiringi 15 kesempatan untuk menciptakan gol. Sampai dengan melakukan duel udara.  

3. Pertahanan Semakin Galak 

Performa Verdonk selama ini bersama tim nasional sepak bola Indonesia, mulai dari debut sampai dengan laga terakhirnya. Telah memberikan cukup pembuktian bahwa ia merupakan bek dan lini pertahanan yang ganas dan galak. 

Lini pertahanan terutama di pos kiri tim nasional Indonesia memang semakin menjanjikan. Karena selain diisi oleh Verdonk. Nama-nama seperti Nathan Tjoe-A-On, Arhan Pratama, sampai dengan Edo Febriansah juga mengisi lini ini. 

Para penggemar sepak bola Indonesia yang ingin mengikuti perkembangan timnas dan pemain-pemain favorit. Tentu saja, tidak boleh ketinggalan menyaksikan laga mereka, dengan Jalalive sebagai platform streaming bola dijamin tidak akan ketinggalan. 

Informasi di atas membuat para penggemar sepak bola lebih mengenal Calvin Verdonk. Penampilannya sampai saat ini bisa dibilang memuaskan menjadi bagian dari Tim Nasional sepak bola indonesia. Perkembangan selanjutnya dari pemain ini pasti sangat dinantikan. 

Related Articles

Back to top button