15 Daftar Pemain Naturalisasi Indonesia Paling Baru

Pemain naturalisasi Indonesia banyak membantu menaikkan level permainan Timnas Indonesia. Proses naturalisasi dalam kubu timnas Indonesia sudah ada sejak lama. Bahkan, sebelum era Shin Tae-yong.

Nama Cristian Gonzales, Victor Igbonefo, hingga Raphael Maitimo lebih dulu populer sebagai pemain naturalisasi di era timnas 2010-2012. Pemain-pemain ini dipercaya memiliki kemampuan untuk menambah kekuatan bagi tim nasional Indonesia. 

Pemain naturalisasi Indonesia adalah pemain yang menjalani proses naturalisasi untuk mendapatkan kewarganegaraan Indonesia. Hal ini dilakukan untuk bisa bermain memperkuat tim nasional Indonesia. 

 

15 Daftar Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

15 Daftar Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

15 Daftar Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

 

Pemain naturalisasi Indonesia dari masa ke masa terus menerus bertambah. Jumlahnya mencapai belasan pemain. Namun, tidak seluruh pemain sering dipanggil untuk bertanding. Pemain yang berperan aktif cenderung lebih banyak tampil.

Pintu naturalisasi masih terbuka untuk pemain-pemain lain. Hal ini memungkinkan jumlah pemain naturalisasi akan terus bertambah jumlahnya. Sejumlah nama pemain calon pemain naturalisasi masih dijaga kerahasiaannya. 

1. Jordi Amat

Pemain naturalisasi Indonesia pertama yang masuk dalam era Shin Tae-yong memuat nama Jordi Amat. Pemain ini sebelumnya memiliki kewarganegaraan Spanyol. Jordi Amat pernah bermain di klub Real Betis dan Swansea City.

Sayangnya, nama Jordi Amat saat ini jarang memperoleh panggilan untuk tampil kembali. Lantaran cedera yang menghampiri pemain naturalisasi ini. Terakhir kali, pemain ini tampil saat Piala Asia tahun 2023. 

Pada pertandingan antara Indonesia vs Bahrain 10 Oktober 2024 mendatang, nama Jordi Amat masuk dalam daftar pemain. Terdapat 27 nama yang dipersiapkan untuk bergabung dengan timnas. Seluruhnya bergabung dengan jadwal yang tidak sama. 

2. Shayne Pattynama

Shayne Pattynama

Shayne Pattynama Pemain Naturalisasi

 

Sama seperti Jordi Amat, Shayne Pattynama tidak masuk dalam pemain naturalisasi indonesia baru. Shayne Pattynama sudah sejak lama menjadi pemain naturalisasi di era awal Shin Tae-yong. Sebelumnya, Pattynama bermain sebagai bek sayap dari KAS Eupen

Ayah Shayne Pattynama berasal dari Pulau Haruku, di Maluku Tengah. Kewarganegaraan Indonesia berhasil diperoleh Pattynama pada 24 Januari 2023. Pemain ini telah memperkuat tim nasional kurang lebih sebanyak 6 kali. 

Debut pertama Shayne Pattynama berlangsung pada tanggal 16 November 2023. Saat Indonesia melawan Irak pada babak kualifikasi Piala Dunia tahun 2026. Pertandingan tersebut dimenangkan oleh Irak dengan skor 5-1.

3. Rafael Struick

Pemain naturalisasi Indonesia striker ditempati oleh Rafael Stuck. Keberadaannya hampir selalu ada dan menjadi pilihan starter dalam sejumlah pertandingan tim nasional Indonesia. Rafael Stuck sering kali dipasang oleh Shin Tae-yong sebagai penyerang tunggal.  

Darah Indonesia sebenarnya dimiliki oleh Rafael Stuck. Pasalnya, nenek Rafael memiliki darah keturunan Jawa. Proses naturalisasi dari pemain timnas Rafael Stuck diresmikan pada tanggal 22 Mei 2023. 

Pertandingan pertama Rafael Struick saat memperkuat timnas Indonesia terjadi saat Indonesia melawan Palestina pada laga persahabatan. Laga persahabatan ini digelar pada 14 Juni 2023 dengan hasil imbang 0-0. 

4. Sandy Walsh

Sudah terdapat bukti bahwa tidak ada pemain naturalisasi Indonesia yang gagal tampil selama memperkuat timnas. Salah satu nama yang sering menarik perhatian karena performanya ialah Sandy Walsh. 

BACA JUGA  Cara Nonton Jalalive Streaming Liga Spanyol Gratis

Saat memperkuat timnas, Sandy Walsh kerap bermain sebagai wing back kanan dan bek sayap. Perannya di lapangan tidak dapat diragukan lagi. Performanya selalu menunjukkan progres yang baik, sehingga menjadi langganan untuk tim nasional Indonesia. 

Sebanyak 9 pertandingan telah dilakoni oleh Sandy Walsh bersama tim nasional Indonesia. Dari 9 pertandingan tersebut, Sandy Walsh mampu menyumbang 1 gol. Tepatnya saat pertandingan babak penyisihan grup Piala Asia AFC 2023 Indonesia vs Jepang. 

5. Ragnar Oratmangoen

Salah satu pemain naturalisasi indonesia terbaru adalah Ragnar Oratmangoen. Pemain ini baru mulai bergabung dengan timnas saat kualifikasi putaran kedua Piala Dunia tahun 2026. Saat memperkuat timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen mengisi posisi penyerang sayap. 

Secara resmi, Ragnar Oratmangoen memperoleh kewarganegaraan Indonesia pada 18 Maret 2024. Selain memperkuat timnas Indonesia, Ragnar Oratmangoen juga bermain di FCV Dender, Belgia. 

Pada debut pertamanya bersama Skuad Garuda, Oratmangoen berhasil mencetak gol dan memperoleh gelar pemain terbaik. Pertandingan pertamanya berlangsung saat Indonesia melawan Vietnam pada tanggal 26 Maret 2024.

6. Jens Raven 

Pemain naturalisasi Indonesia Jens Raven masuk dalam daftar pemain naturalisasi Indonesia U 19 dan U 20. Pemain berdarah Indonesia ini lahir di Belanda, pada tanggal 12 Oktober 2005. Saat ini, Jens Raven berusia 18 tahun. 

Kewarganegaraan Indonesia secara resmi diberikan kepada Jens Raven pada 27 Juni 2024. Pemain bola profesional ini juga bermain untuk Klub FC Dordrecht menempati posisi penyerang. 

Prestasi yang dimiliki Jens Raven menunjukkan potensi yang baik. Pada Kejuaraan Remaja ASEAN 2024 untuk kelompok umur 19 tahun, Jens Raven berhasil keluar sebagai juara. Kompetisi ini berlangsung di Surabaya. 

7. Maarten Paes

Maarten Paes

Maarten Paes Pemain Naturalisasi

 

PSSI resmi melakukan naturalisasi Maarten Paes pada tanggal 30 April 2024. Kiper FC Dallas ini tengah berada pada puncak popularitasnya sebagai pemain dengan kisaran harga pasar mencapai Rp26,07 Miliar. 

Pada laga pertama dan kedua sebagai pemain Indonesia, Paes menunjukkan penampilan yang memukau. Bahkan, dirinya dinobatkan sebagai Player of the Match  berkat permainannya yang cemerlang. 

Sejak bergabungnya Maarten Paes, gawang timnas Indonesia semakin sulit ditembus oleh tim lawan. Maarten Paes resmi memperkuat tim Indonesia pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia tahun 2026.

8. Mees Hilgers

Pemain naturalisasi Indonesia terbaru 2024 yaitu Mees Hilgers. Proses naturalisasi Mees Hilgers diresmikan pada tanggal 30 September 2024. Meski lahir di Belanda, Hilgers memiliki darah Indonesia yang berasal dari ibunya. 

Karir sepak bola Mees Hilgers dimulai di klub Nieuwland. Setelah itu, Mees Hilgers bermain di tim muda klub Sparta Nijkerk. Sejak tahun 2011-2020 Hilgers berpindah ke akademi sepak bola FC Twente. 

Saat ini, Mees Hilgers menempati posisi bek tengah untuk klub Twente. Karena baru saja bergabung, Mees Hilgers belum pernah turun dan tampil untuk tim nasional Indonesia. Kedepannya, potensi Mees Hilgers dapat segera dilihat oleh para pecinta bola. 

9. Calvin Verdonk 

Jika biasanya posisi bek kiri timnas Indonesia diisi oleh Pratama Arhan, baru-baru ini posisi tersebut digantikan oleh Calvin Verdonk. Meski terbilang baru, kehadiran Calvin Verdonk mampu mengunci sisi kiri permainan timnas Indonesia.

Kewarganegaraan Indonesia diperoleh Calvin Verdonk pada tanggal 04 Juni 2024. Selain bermain di timnas Indonesia, Calvin Verdonk juga menempati posisi bek kiri dari NEC Nijmegen, Belanda. 

Debut perdana Calvin Verdonk berlangsung pada 11 Juni 2024. Saat Indonesia bermain melawan Filipina dalam pertandingan kualifikasi Piala Dunia. Pada pertandingan ini, Calvin Verdonk bermain sebagai starter.

BACA JUGA  Jalalive Liga Saudi Arabia, Deretan Pemain Unggulan dan Top Skor Terbaru

10.  Thom Haye

Pemain naturalisasi Indonesia termahal dapat disematkan kepada Thom Haye. Menurut harga pasar pemain, pemain berusia 29 ini mempunyai harga pasar sebesar Rp52,45 Miliar. Harga tersebut sesuai dengan rekam jejaknya yang dikenal sebagai pemain bintang.

Saat ini Thom Haye bermain sebagai gelandang dari tim Almere City. Sebelumnya, Haye pernah bermain untuk AZ Alkmaar, SC Heerenveen, NAC Breda, ADO Den Haag, dan Willem II. Pemain bintang ini secara resmi diberi kewarganegaraan Indonesia pada 18 Maret 2024.

Thom Haye telah tampil sebanyak 5 kali bersama Skuad Garuda dengan sumbangan 1 gol. Pada tahun 2012, Haye pernah bergabung dalam tim yang menjuarai Kejuaraan Eropa UEFA 2012 untuk kelompok usia 17 tahun.

11. Jairo Riedewald

Nama calon Pemain naturalisasi Indonesia grade A yang digadang-gadang akan segera bergabung yaitu Jairo Riedewald. Pemain ini memiliki darah Manado yang berasal dari sang nenek. Saat ini, Jairo Riedewald bermain untuk klub Royal Antwerp.

Sebelumnya, Jairo Riedewald pernah memperkuat klub Ajax dan Crystal Palace. Jika nanti bergabung dengan timnas Indonesia, Riedewald akan memperkuat lini tengah Indonesia bersama dengan Thom Haye dan Marselino Ferdinan. 

12. Eliano Reijnders

Wajah baru timnas Indonesia akan diisi oleh Eliano Reijnders. Pemain berusia 23 tahun ini merupakan adik dari Tijjani Reijnders (pemain AC Milan). Proses naturalisasinya resmi ditetapkan pada 30 September 2024.

Karier klub Eliano Reijnders tercatat pernah menempati posisi pemain klub Jong Utrecht dengan status pinjaman selama satu musim. Reijnders akan bertanding pada kualifikasi Piala Dunia mendatang melawan negara Bahrain dan China.  

13. Justin Hubner

Pada daftar gelombang dua pemain naturalisasi yang dibawa oleh Shin Tae-yong terdapat nama Justin Hubner. Pemain yang menempati posisi bek tengah ini memiliki ciri khas gaya permainan yang keras.

Pada tanggal 06 Desember 2023, Justin Hubner secara resmi mendapat kewarganegaraan Indonesia. Sejak bergabung dengan timnas, Hubner telah tampil sebanyak 7 kali bersama timnas Indonesia. 

Pertandingan pertama Justin Hubner bersama timnas Indonesia berlangsung pada tanggal 17 November 2022. Saat itu, laga persahabatan antara Indonesia U-20 dan Prancis U-20 digelar di Spanyol. 

14. Jay Idzes

Pemain naturalisasi Indonesia Jay Idzes termasuk dalam daftar nama pemain naturalisasi Indonesia 2024 yang tidak kalah populer. Debut pertama Jay Idzes sebagai pemain sepak bola profesional dimulai di klub Eindhoven. 

Selain bermain sebagai bek tengah, Jay Idzes juga diberi tanggung jawab sebagai kapten dari timnas Indonesia. Meskipun lahir di Belanda, Jay Idzes juga memiliki darah keturunan asal Indonesia.

Sejak tahun 2018 hingga 2020, Jay Idzes telah tampil 54 kali bersama klub Eindhoven. Setelahnya, Jay Idzes pindah ke klub Go Ahead Eagles. Saat ini, Jay Idzes bermain untuk Venezia FC, Italia. 

Sejak bergabung dengan timnas Indonesia, Jay Idzes sudah tampil sebanyak 5 kali dan berhasil mencetak 1 gol untuk timnas Indonesia. Gol pertamanya dicetak saat pertandingan Indonesia vs Vietnam yang digelar 26 Maret 2024. 

15. Marc Klok

Eksistensi Marc Klok di timnas Indonesia telah dimulai sebelum Shin Tae-yong melatih tim nasional Indonesia. Namun, kehadirannya di timnas Indonesia telah tergantikan dengan nama-nama pemain muda lain. 

Sejak bulan Juni 2021 hingga saat ini, Marc Klok masih memperkuat tim Persib Bandung. Bersama Persib, Marc Klok telah tampil sebanyak 87 kali dan berhasil menyumbang 12 gol untuk tim Persib. 

—–

Pemain naturalisasi Indonesia banyak yang memiliki keturunan darah Indonesia dari orangtuanya. Para pemain ini memiliki potensi yang cemerlang dan memukau sehingga dipercaya untuk bergabung dengan tim nasional Indonesia. 

Kehadiran pemain naturalisasi semakin menambah peluang timnas untuk tampil lebih apik. Laga timnas Indonesia dapat disaksikan secara lengkap melalui layanan streaming sepak bola yang dihadirkan oleh Jalalive.

Related Articles

Back to top button