Kiper Naturalisasi Indonesia Membangun Tembok Pertahanan: Tantangan dan Peluang 2024

Indonesia merupakan negara yang sudah lama menjadi negara dengan basis penggemar sepak bola yang besar dan fanatik. Topik menarik dalam dunia sepak bola khususnya timnas indonesia adalah partisipasi kiper naturalisasi Indonesia.

Berkembang dengan pesat, salah satu elemen penting dalam perkembangan sepak bola Indonesia adalah kehadiran kiper naturalisasi Indonesia. Mereka merupakan salah satu solusi dalam meningkatkan kualitas tim nasional Indonesia, terutama untuk posisi penjagaan gawang.

Kualitas, pengalaman, dan teknik yang mereka miliki harus bisa berperan positif dalam membela tim nasional Indonesia. Namun dalam menjalankan perannya mereka akan menghadapi beberapa tantangan dan peluang tersendiri dalam kiprah kariernya.

Pemain naturalisasi diharapkan membawa dampak signifikan dalam memperkuat skuad Garuda. Kiper-kiper naturalisasi menjadi sorotan tersendiri bagi masyarakat Indonesia, hal ini karena posisi kiper merupakan peranan vital dalam setiap pertandingan.

 

Kiprah Perjalanan dan Latar Belakang Kiper Naturalisasi Indonesia

Kiprah Perjalanan dan Latar Belakang Kiper Naturalisasi Indonesia

Kiprah Perjalanan dan Latar Belakang Kiper Naturalisasi Indonesia

 

Akhir akhir ini fenomena baru yang menarik dalam dunia sepak bola Indonesia pertanyaan siapa kiper naturalisasi Indonesia, Kiper-kiper ini awalnya bermain untuk negara asal mereka, namun memilih untuk pindah memperkuat tim nasional Indonesia. 

Dalam memutuskan untuk membela tim nasional Indonesia tentu melewati banyak hal yang tak mudah. Dibalik itu semua ada cerita mengenai impian, pengorbanan, dan cinta mendalam terhadap dunia sepak bola. 

Indonesia memiliki kiper keturunan yang memiliki kualitas baik, Emil Euduro Mulyadi, ia bukan kiper naturalisasi Indonesia Inter Milan, tetapi ia memang mengaku sebagai orang Indonesia. Namun hingga saat ini dirinya masih belum bisa tampil bersama timnas Indonesia.

Beberapa profile kiper naturalisasi Indonesia yang berhasil di naturalisasi dan dirumorkan akan dinaturalisasi:

1. Maarten Paes

Saat ini Maarten Paes merupakan satu-satunya kiper naturalisasi Indonesia pertama yang ditunggu penampilannya pada pertandingan kualifikasi world cup 2026. Kiper ini lahir di Nijmegen, belanda, pada 14 mei 1998. 

Maarten Paes memulai karir sepakbolanya dengan membela klub kampung halamannya, yaitu NEC Nijmegen, mulai dari tahun 2016 hingga 2018. Kemudian Paes bergabung dengan FC Utrecht, tampil dalam 48 pertandingan kompetisi, termasuk kompetisi Eredivisie.

Tidak hanya bermain untuk FC Utrecht, ia juga bermain di Jong Utrecht tim muda milik FC Utrecht sebanyak 18 kali. Dari kedua tim tersebut Paes bermain 66 kali dan tercatat 12 clean sheet serta kebobolan 117 gol. 

Awal tahun 2022, kiper naturalisasi Indonesia Marteen Paes dipinjamkan ke FC Dallas dengan durasi setengah musim. Dalam membela FC Dallas ia tampil cukup memuaskan hingga FC Dallas memutuskan untuk mempermanenkan pada musim panas 2022. 

BACA JUGA  Klasemen Borneo FC 2024 Masih Berada di Puncak

Karier awal kiper naturalisasi Indonesia Maarten Paes di FC Dallas mendapatkan biaya transfer sebesar 1 juta euro, atau jika dirupiahkan sekitar Rp 16,8 miliar. 

Setengah tahun bermain dengan FC Dallas, Paes tampil dalam 70 pertandingan kompetisi, termasuk MLS. Paes berhasil mencatat 17 clean sheet dan kebobolan 75 gol. 

Marteen Paes merupakan  pria asal belanda yang tidak memiliki darah Indonesia secara langsung. Sebelumnya ia bermain untuk timnas Belanda junior, mulai dari U18 hingga U21. Kiper dengan tinggi 192 cm itu merupakan produk dari akademi VV Union.

Biarpun tidak memiliki darah Indonesia, Paes tetap bisa dinaturalisasi lantaran neneknya merupakan seorang pendatang berdarah Eropa murni, yang lahir di Indonesia pada saat masa Hindia Belanda.

Buyut Paes merupakan orang Eropa asli yang kemudian menikah dan tinggal di Hindia Belanda, kemudian melahirkan nenek Maarten Paes pada 20 Maret 1940 di Kediri, Jawa Timur. Itulah mengapa Paes bisa dinaturalisasi menjadi Kiper Timnas Indonesia 2024.

2. Cyrus Margono

Crus Margono merupakan pria yang lahir di New York, Amerika Serikat. Ayahnya merupakan orang Indonesia, Johan Margono. Sedangkan ibunya berasal dari Iran, Sepeedeh. Untuk mendukung karir sepak bolanya awal ia menimba ilmu di University of Denver Athletics.

Cyrusus juga sempat mendapatkan pengalaman berharga dengan mengikuti program pelatihan di Akademi Inter Milan selama dua pekan pada tahun 2015. Saat ini Cyrus  bermain di klub Yunani, Panathinaikos dari 30 Agustus 2021 hingga saat ini. 

Usia Cyrus Margono tergolong masih muda, kiper berdarah Indonesia ini lahir pada 9 November 2001. Di Usianya yang muda, ia masih bermain untuk Panathinaikos B yang mana berlaga di Superleague Greece 2, kasta kedua liga Yunani. 

Kiper naturalisasi Indonesia Cyrus Margono dikabarkan melakukan perpindahan kewarganegaraan bukan atas permintaan pelatih tim nasional Indonesia, Shin Tae-Yong. Ia ingin menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) atas keinginannya sendiri.

Jika dilihat dari pengalam ia bermain di klubnya memang masih kurang untuk mendapat perhatian khusus dari pelatih timnas Indonesia. Tapi harapan dan segala kemungkinan akan tetap terjadi jika ia semakin meningkatkan kualitas bermainnya.

 

Peran Kiper Naturalisasi Indonesia dalam Meningkatkan Kualitas Timnas Indonesia

Peran Kiper Naturalisasi Indonesia dalam Meningkatkan Kualitas Timnas Indonesia

Peran Kiper Naturalisasi Indonesia dalam Meningkatkan Kualitas Timnas Indonesia

 

Kiper naturalisasi Indonesia baru memiliki peranan penting dalam meningkatkan kualitas timnas Indonesia. Berdampak langsung pada performa tim skuad Garuda. Pertahanan inti dari sebuah tim adalah pada kiper. Kiper merupakan posisi yang sangat krusial.

1. Kualitas Pertahanan Meningkat

Kiper naturalisasi biasanya memiliki pengalaman di liga Internasional. Mereka memiliki kemampuan teknis yang lebih tinggi. Hal tersebut bisa dimanfaatkan untuk membantu memperkuat lini belakang pertahanan yang solid untuk menghadapi serangan lawan.

Kemampuan kiper yang berkualitas dapat meningkatkan rasa kepercayaan diri di antara para pemain bertahan timnas Indonesia. Gawang skuad garuda akan susah dibobol oleh lawan, dan mental pemain juha akan meningkat.

2. Pengalaman Pada Level Dunia

Kiper yang memiliki keturunan Indonesia dan memungkinkan untuk di naturalisasi serta bermain di kompetisi tingkat dunia akan dilirik oleh pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-Yong.

Mentalitas dari pengalaman bermain kiper naturalisasi Indonesia di level dunia tidak akan diragukan lagi, sudah pasti memiliki mentalitas juara. Mereka dalam bermain berada dalam tekanan tinggi di setiap pertandingannya.

Akan menguntungkan jika tim memiliki Kiper naturalisasi Indonesia dengan pengalam tinggi dapat membela Indonesia di pertandingan seperti AFC ASIAN CUP atau Kualifikasi Piala Dunia 2026.

3. Persaingan Sehat Terbentuk

Kehadiran kiper naturalisasi Indonesia berkualitas membentuk dengan sendirinya persaingan sehat dengan kiper lokal. Kiper lokal akan terpicu untuk meningkatkan kemampuan mereka dan akan lebih berlatih keras. 

BACA JUGA  Justin Hubner: Bek Tengah yang Siap Mencuri Perhatian Dunia

Peningkatan standar permainan kiper secara keseluruhan di klub-klub di Indonesia juga pada akhirnya akan meningkatkan kualitas tim mereka, khususnya pada posisi kiper. 

4. Sharing Teknik dan Pengetahuan

Tujuan PSSI melakukan naturalisasi pemain luar untuk bisa mendukung timnas Indonesia adalah salah satunya untuk bisa memberikan atau sharing teknik dan pengetahuan yang mereka kuasai selama menjalankan harrier di level internasional.

Salah satunya dengan kehadiran kiper naturalisasi Indonesia senior contohnya Maarten Paes, diharapkan Paes bertindak memberikan pengetahuannya atau teknik yang ia kuasai untuk bisa dipelajari oleh kiper muda Indonesia dan kiper lokal. 

Selain itu dengan umurnya yang masih terbilang muda dan produktif ia juga bisa membantu dalam mempercepat perkembangan serta regenerasi kiper Indonesia. Kedepannya Indonesia bisa lebih luas memilih penjaga gawang yang berkualitas. 

5. Kedisiplinan dan Ketenangan

Dilihat dari permainan debut pertama Maarten Paes saat Indonesia melawan Arab Saudi pada kualifikasi piala dunia zona asia, Paes terlihat memiliki ketenangan dan kedisiplinan dalam bermain. 

Sikap profesionalnya tersebut dapat memberi pengaruh positif bagi seluruh tim, pemain akan lebih tetap tenang dan fokus dalam permainan yang krusial. Kiper naturalisasi Indonesia sangat penting untuk timnas Indonesia di kancah Internasional.

 

Tantangan Yang Dihadapi Kiper Naturalisasi Indonesia

Tantangan Yang Dihadapi Kiper Naturalisasi Indonesia

Tantangan Yang Dihadapi Kiper Naturalisasi Indonesia

 

Tidak mungkin jika kiper naturalisasi Indonesia tidak menghadapi berbagai tantangan dalam menjalankan karirnya di sepak bola nasional. Beberapa tantangan utama yang mereka hadapi akan membuat tim semakin solid. 

Tantangan akan tidak terasa jika pemain bermain untuk tim dari hati, dan kecintaan terhadap negara Indonesia ini.

1. Proses Naturalisasi yang Memakan Waktu

Tantangan yang dihadapi kiper naturalisasi Indonesia salah satunya proses naturalisasi. Maarten Paes dalam proses naturalisasi menghadapi beberapa tantangan. Bahkan berpotensi gagal akan di naturalisasi. 

Persyaratan pemain dinaturalisasi sangat ketat, baik persyaratan dari PSSI maupun FIFA. Yang mereka hadapi adalah proses administrasinya, akan sangat memakan waktu jika birokrasinya lambat dan membuat kiper harus lama menunggu bermain di timnas. 

2. Bahasa dan Komunikasi

Memang tidak bisa dihindarkan tantangan dalam bahasa dan komunikasi. Kiper naturalisasi tumbuh dan berkembang di negara lain. Maka dalam penguasaan bahasa Indonesia ini menjadi tantangan tersendiri.

Bahasa merupakan kunci bagaimana pemain dapat berkomunikasi dengan pemain lokal yang lain. Jika terjadi kegagalan dalam pemahaman maka permainan juga akan terpengaruh. Penting untuk kiper dapat mengatur dan memberi instruksi pemain lain.

3. Adaptasi Gaya Permainan

Salah satu tantangan terbesar juga yaitu mengenai mereka harus bisa beradaptasi gaya permainan sepak bola Indonesia. Sepak bola Indonesia memiliki ritme dan taktik bermain yang berbeda dibandingkan dengan liga di negara asal mereka.

Dalam menyesuaikan gaya permainan ini, untuk menghadapi tantangan kiper naturalisasi Indonesia dari segi permainan ini membutuhkan waktu untuk memahami teknik dan kecepatan permainan. 

4. Ekspektasi Tinggi dari Masyarakat Indonesia

Semua pemain naturalisasi akan mendapatkan ekspektasi tinggi dari masyarakat Indonesia. Kiper naturalisasi Indonesia akan mendapatkan ekspektasi lebih tinggi. Yang terjadi slama ini bahkan kiper lokal jika kebobolan maka masyarakat akan menghujatnya.

Tekanan itulah yang dapat membuat pemain memiliki beban mental, apalagi jika mereka tidak bisa memperlihatkan performa yang terbaik. 

5. Adaptasi Suhu dan Cuaca di Lapangan

Suhu dan cuaca di Indonesia adalah panas dan lembab. Selain itu kondisi lapangan yang bervariasi, menjadi tantangan kiper naturalisasi yang terbiasa dengan iklim serta lapangan yang bagus di luar negeri.

Akan sangat mempengaruhi stamina dan performa mereka dalam jangka Panjang. Oleh karena ini pemain harus bisa menjaga Kesehatan dan kebugaran tubuh selama masa pelatihan jelas menghadapi pertandingan.

Selalu menjadi sorotan dari para suporter. Memberikan dukungan penuh setiap kiper baik kiper naturalisasi atau kiper lokal main. Namun ada harapan tersendiri untuk kiper naturalisasi Indonesia grade A, mampu membawa Indonesia ke level yang lebih tinggi.

 

Penutup

Dukungan dari suporter menjadi faktor semangat para pemain, termasuk kiper dalam setiap pertandingan berlangsung. Suporter tim nasional Indonesia memiliki suporter yang sangat solid, mereka adalah bagian keluarga besar sepak bola Indonesia.

Untuk menyaksikan aksi para kiper naturalisasi Indonesia dan pertandingan sepak bola terbaik, Jala Live merupakan platform streaming bola yang tepat untuk menawarkan pengalaman menonton sepak bola dengan kualitas HD dan aksesnya yang mudah.

Related Articles

Back to top button