10 Pemain yang Diisukan Jalani Naturalisasi Timnas 

Naturalisasi timnas hangat dibicarakan oleh berbagai kalangan. Tidak hanya menjadi pusat perhatian di dalam negeri saja, panggung sepak bola internasional juga menyorot proses naturalisasi ini. 

Pada dasarnya proses naturalisasi telah umum dilakukan baik untuk timnas putra maupun proses naturalisasi timnas putri. Para pemain yang menjalani proses naturalisasi mendapat ketenaran dan respons yang luar biasa dari pecinta timnas Indonesia. 

Sampai mendekati akhir 2024 ini, PSSI masih terus mengebut proses naturalisasi calon pemain-pemain baru. Lantas, siapa saja nama pemain yang digadang-gadang akan segera masuk menjadi pemain naturalisasi di timnas Indonesia?

 

10 Pemain yang Diisukan Jalani Naturalisasi di Timnas Indonesia

10 Pemain yang Diisukan Jalani Naturalisasi di Timnas Indonesia

10 Pemain yang Diisukan Jalani Naturalisasi di Timnas Indonesia

 

Naturalisasi timnas China dan naturalisasi timnas Malaysia juga mulai serius dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Tidak ketinggalan, Indonesia juga melakukan hal yang sama untuk meningkatkan kualitas permainan timnasnya.

Banyak rumor-rumor yang beredar terkait daftar nama pemain yang diisukan bergabung dengan timnas Indonesia dan menjalani naturalisasi. Rumor tersebut belum dapat dikonfirmasi sampai proses naturalisasi benar-benar diresmikan.

1. Pascal Struijk

Rumor tentang naturalisasi timnas terbaru 2024 juga menyebutkan bahwa Pascal Struijk akan segera tampil memperkuat timnas Indonesia. Pemain dengan tinggi badan 190 cm ini, lebih sering tampil menempati posisi bek tengah.

Karir senior Pascal Struijk dimulai sejak 2018 saat dirinya bergabung dengan Leeds United. Terbilang cukup awet, sejak 2018 sampai saat ini Pascal Struijk belum pernah berpindah ke pelukan klub lain.

Terhitung 111 kali Pascal Struijk telah tampil bersama tim Leeds United. Karir juniornya dimulai saat Pascal Struijk bergabung dengan ADO Den Haag pada tahun 2006 sampai dengan 2016. Kemudian, Pascal Struijk melanjutkan karirnya di tim Ajax dan Leeds United. 

Meskipun lahir di Belgia, Pascal Struijk sejatinya memiliki darah Indonesia. Kakek dan nenek Pascal Struijk dari pihak ayah lahir di Indonesia. Faktor inilah yang mendukung dirinya untuk melakukan proses naturalisasi.

2. Emil Audero

Naturalisasi di Timnas

Naturalisasi di Timnas

 

Naturalisasi timnas baru-baru ini mendatangkan rumor yang mengejutkan. Emil Audero diisukan akan segera jalani proses naturalisasi. Kiper berusia 27 tahun ini lahir di Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Sang ayah memiliki kewarganegaraan Indonesia sedangkan ibunya berkebangsaan Italia. Saat ini, Emil Audero menempati posisi penjaga gawang dari tim Como 1907 dan berlaga di Serie A, Italia. 

Beberapa tim yang pernah dibela oleh Emil Audero, yakni Juventus, Venezia, Sampdoria, dan Inter Milan. Emil Audero Mulyadi dikenal sebagai penjaga gawang dengan postur tubuh yang tinggi. 

Pada perhelatan UEFA tahun 2019, nama Emil Audero telah dicatat oleh media sebagai salah satu pemain muda eropa yang memiliki potensi menjanjikan. Emil Audero memiliki gaya permainan yang cepat dan tanggap dalam menghentikan tembakan lawan di tiang gawang. 

3. Jenson Seelt

Jenson Seelt lahir pada 23 Mei 2003 di kota Ede, Belanda. Karir juniornya sebagai pemain sepak bola dimulai saat Jenson Seelt bergabung dengan tim NEC NIjmegen dan Philips Sport Vereniging. 

Mulai tahun 2023 Jenson Seelt bergabung dengan tim sepak bola Sunderland. Kontrak tersebut disepakati pada 25 Juni 2023. Durasi kontrak yang ditandatangani Jenson Seel dengan Sunderland akan berlangsung selama 5 tahun.

BACA JUGA  15 Daftar Pemain Naturalisasi Indonesia Paling Baru

Bersama dengan tim Sunderland, Jenson Seelt telah tampil dalam 17 pertandingan. Klub Sunderland sendiri saat ini berlaga di EFL Championship. Pemain ini bermain sebagai bek tengah. 

Tidak banyak yang mengetahui bahwa Jenson Seelt memiliki darah Indonesia. Jika dilihat garis keturunannya dapat diketahui sebuah fakta bahwa kakek Janson Seelt berasal dari kota Ambon, Maluku. 

4. Jayden Oosterwolde

Pemain yang masuk dalam rumor naturalisasi timnas selanjutnya ialah Jayden Oosterwolde. Harga pemain ini mencapai Rp260,72 Miliar. Dengan harga yang fantastis, pemain ini tidak dapat dianggap sebagai pemain dengan kualitas yang biasa saja.

Jayden Oosterwolde memiliki darah keturunan Indonesia dengan Suriname. Saat ini, Jayden Oosterwolde berusia 23 tahun. Karir awal Jayden Oosterwolde dimulai ketika bergabung dengan ZAC. 

Terbaru, Jayden Oosterwolde menandatangani kontrak terbarunya dengan Fenerbahce, Turki. Kontrak ini akan berlangsung selama 4 tahun dimulai sejak 30 Januari 2023. Pemain muda satu ini bermain sebagai bek tengah dan bek kiri. 

Selama bergabung dengan Fenerbahce, Jayden Oosterwolde sudah tampil dalam 20 pertandingan. Harapannya, Jayden Oosterwolde bisa segera bergabung dan resmi dinaturalisasi oleh PSSI. 

5. Julian Oerip

Kabar naturalisasi timnas terbaru  menjadi perbincangan hangat yang dibahas oleh pecinta bola. Julian Miles Oerip merupakah salah satu nama pemain yang berpotensi untuk menjalani naturalisasi di masa mendatang,

Pemain kelahiran 26 Oktober 2006 ini, memiliki garis keturunan Indonesia yang berasal dari kakeknya. Sebagai pemain muda yang berbakat, Julian Oerip dikenal mumpuni menempati posisi gelandang serang. 

Perjalanan Julian Oerip di dunia sepak bola memiliki sepak terjang yang luar biasa. Pada tahun 2011 sampai dengan 2022 Julian Oerip pernah bergabung dengan AZ Alkmaar junior selama 5 musim. 

Terbaru, Julian Oerip bergabung dengan AZ Alkmaar U21. Kontrak tersebut disepakati sejak 01 Juli 2024 hingga 30 Juni 2025. Pemain berkewarganegaraan Belanda ini memiliki tinggi badan 179 cm. 

6. Miliano Jonathans

Pemain muda lain yang juga berpotensi akan masuk dalam daftar naturalisasi di timnas Indonesia ialah Miliano Jonathans. Pemain asal depok ini memiliki keinginan untuk bergabung bersama timnas Indonesia.

Dilihat dari data Transfermarkt, harga pasar Miliano Jonathans mencapai angka Rp6,08 Miliar. Harga tersebut cukup fantastis bagi sosok pemain muda berbakat yang baru menginjak usia 20 tahun. 

Saat ini, Miliano Jonathans bermain sebagai gelandang serang dan penyerang sayap kanan untuk tim Vitesse Arnhem. Klub satu ini berbasis di kota Arnhem, Belanda. Karir Miliano Jonathans cukup gemilang di kancah sepak bola Belanda. 

7. Kevin Diks

Meski belum diputuskan secara resmi, proses naturalisasi timnas senior yang mengusung nama Kevin Diks santer terdengar. Pemain kelahiran Belanda ini bermain untuk tim Copenhagen sejak tahun 2021 sampai saat ini.

Bersama tim Copenhagen, Kevin Diks sudah tampil sebanyak 91 kali dan berhasil mencetak 10 gol. Selama bergabung dengan Copenhagen, Kevin Diks berhasil menjuarai Liga Super Denmark musim 2021/2022 dan 2022/2023. 

Jika dilihat dari nama lengkapnya, Kevin Diks memiliki marga Bakarbessy pada akhir namanya. Marga tersebut diketahui berasal dari Maluku. Dari informasi tersebut dapat diketahui bahwa Kevin Diks memiliki garis keturunan asal Indonesia.

8. Tim Geypens

Tim Geypens juga diisukan akan menjalani proses naturalisasi timnas U 20. Sebelumnya, Tim Geypens telah memperkuat timnas Indonesia U 20 pada Turnamen Maurice Revello pada tahun 2024. 

BACA JUGA  Hasil Dari H2H Statistik Persib Vs Arema FC 2024/2025

Saat ini, Tim Geypens bergabung dengan FC Emmen sejak 01 Juli 2024. Kontrak ini akan berakhir pada 30 Juni 2026 mendatang. FC Emmen sendiri merupakan tim asal Belanda yang bermain di divisi dua. 

Tim Geypens lahir pada 21 Juni 2005, saat ini dirinya berusia 19 tahun. Pemain muda ini diketahui menempati posisi bek kiri dalam tim FC Emmen. Selama memperkuat timnas Indonesia U 20 penampilan Tim Geypens menunjukkan harapan yang menarik perhatian. 

9. Ole Romeny

Pemain muda kelahiran Belanda satu ini memiliki keturunan Indonesia dari neneknya. Nenek Ole Romeny yang berasal dari pihak ibu lahir di Medan, Provinsi Sumatera Utara. Pemain sepak bola profesional ini saat ini bergabung dengan klub Utrecht sebagai penyerang. 

Kontrak Ole Romeny dengan klub Utrecht ditandatangani secara resmi pada tanggal 13 Juni 2023. Selama 3 musim Ole Romeny akan memperkuat klub Utrecht. Di tahun 2024, Ole Romeny dikabarkan akan segera mewakili tim nasional Indonesia. 

Selain klub Utrecht, Ole Romeny juga pernah bergabung dengan klub lain, seperti NEC, Willem II, dan FC Emmen. Sementara untuk karir juniornya, Ole Romeny tercatat pernah bergabung dengan DVOL dan NEC.

Sejak bergabung Naturalisasi timnas dengan Utrecht pada bulan Juni 2023, Ole Romeny sudah tampil sebanyak 16 kali dan berhasil menyumbang 1 gol. Pemain penyerang ini juga pernah memperkuat tim nasional belanda U-15, U-18, U-19, dan U-20. 

10. Mauresmo Hinoke

Mauresmo Hinoke saat ini bergabung dengan TOP Oss, Belanda. Kontrak bersama TOP Oss dimulai sejak 02 September 2024. Durasi kontrak tersebut akan berlangsung selama tiga tahun ke depan.

Kontrak Hinoke dengan TOP Oss berakhir pada 30 Juni 2027. Pemain muda ini pernah dipanggil oleh Indra Sjafri untuk memperkuat tim nasional Indonesia U-20. Saat itu, Mauresmo Hinoke tampil dalam Turnamen Maurice Revello tahun 2024. 

Hinoke diperbolehkan bermain mewakili Indonesia karena orang tuanya berasal dari Maluku. Pemain berusia 19 tahun ini, lahir pada 26 Februari tahun 2005. Dengan tinggi badan 175 cm, Mauresmo Hinoke selalu tampil prima menempati posisi sayap kiri. 

 

Dampak Negatif Naturalisasi
Dampak Negatif Naturalisasi

Dampak Negatif Naturalisasi

 

Naturalisasi timnas Indonesia mendapatkan respons yang beragam. Mulai dari tanggapan positif hingga tanggapan negatif. Pandangan-pandangan negatif yang tang mempersoalkan identitas tim nasional Indonesia yang semakin tergerus.

Hal tersebut mengakibatkan kurangnya kesempatan untuk pemain lokal berkembang di kancah internasional. Bahkan, sebagian pihak meragukan kebijakan PSSI yang kurang mewadahi pembinaan untuk pemain-pemain lokal.

PSSI dianggap lebih mendukung proses naturalisasi pemain asing dibandingkan memikirkan langkah yang strategis untuk pemain-pemain lokal. Pada dasarnya, naturalisasi hanya bagian kecil dari strategi pengembangan sepak bola. 

 

Dampak Positif Adanya Naturalisasi 

Dampak Positif Adanya Naturalisasi 

Dampak Positif Adanya Naturalisasi 

 

Naturalisasi timnas adalah solusi jangka panjang yang dipilih untuk terus mengembangkan prestasi tim nasional Indonesia. Proses naturalisasi timnas U 16 hingga timnas senior terbukti membawa dampak yang positif untuk perkembangan sepak bola Indonesia.

Kombinasi antara pemain Naturalisasi timnas dan pemain lokal terbukti mampu merubah arah pandang sepak bola Indonesia menjadi jauh lebih baik dari sebelumnya. Pada Kualifikasi Piala Dunia tahun 2026, prestasi timnas Indonesia menunjukkan hasil yang positif. 

Keseimbangan antara proporsi jumlah pemain asing dan lokal harus ditata sedemikian rupa agar mengedepankan keseimbangan yang baik. Jangan sampai potensi-potensi yang dimiliki oleh pemain lokal terlupakan begitu saja. 

—–

Naturalisasi timnas berjalan dengan penuh pro dan kontra. Daftar yang memuat nama pemain-pemain baru yang akan menjalani naturalisasi terus bermunculan. Para pemain berbakat ini memiliki garis keturunan Indonesia dan diperbolehkan mewakili Indonesia. 

Sebagai platform streaming, Jalalive menawarkan beragam tayangan sepak bola dari berbagai klub dan juga tim nasional Indonesia. Para pecinta bola dapat mengakses pertandingan secara langsung melalui layanan milik Jalalive. 

Related Articles

Back to top button