Jadwal Persib ACL 2024: Perjalanan Satu-Satunya Wakil Indonesia

Jadwal Persib ACL 2024 sudah banyak tersebar dan dicari, seiring dengan pengumuman dimulainya musim ACL 2. Walaupun, ACL merupakan turnamen liga yang diperuntukan untuk negara-negara yang ada di Asia. Namun, tidak semua klub lokal dari negara asia bisa bergabung. 

Merupakan hal yang membanggakan karena Indonesia bisa berpartisipasi di kompetisi ini melalui Persib Bandung. Bahkan, Persib Bandung merupakan wakil satu-satunya dari Indonesia. Hal ini menunjukkan performa dan prestasi Persib Bandung cukup untuk berdiri kancah Asia. 

Tidak heran, jika banyak penggemar sepak bola Indonesia mencari jadwal Persib ACL 2024 terbaru. Tidak hanya para penggemar Persib Bandung yaitu para viking saja namun juga banyak penggemar sepak bola di Indonesia secara umum. 

Banyak orang yang ingin menyaksikan perjalan satu-satunya wakil Indonesia di kancah sepak bola Indonesia. Tidak hanya bagi sepak bola Indonesia, ACL 2 merupakan momen penting di sejarah sepak bola modern di zona Asia. 

Ajang ACL 2 mulai diterapkan karena ada sistem perombakan dalam klasifikasi level benua Asia oleh AFC. 

 

Posisi Persib Bandung di ACL 2024
Posisi Persib Bandung di ACL 2024 

Posisi Persib Bandung di ACL 2024 

 

Selain Jadwal Persib ACL 2024 terkini, para penggemar perlu mengetahui posisi Persib Bandung di ACL 2. Posisi Persib Bandung sendiri berada di Grup F bersama klub sepak bola Asia yang lainnya yang berada di zona Timur. 

Klub sepak bola Asia yang berada di satu grup bersama Persib Bandung, ada Port FC yang berasal dari Thailand. Kemudian, ada Lion City Sailors FC yang berasal dari SIngapura, dan Zheijiang FC yang berasa dari China. 

Sebenarnya, ini bukan kali pertama Persib Bandung hadir sebagai wakil Indonesia di laga sepak bola level Asia. Pada tahun 2014 pun Persib Bandung pernah mencicipi posisi yang sama. Namun, karena ada perombakan dari pihak AFC mengenai turnamen di Zona Asia. 

Turnamen ACL 2 yang akan dimulai pada tanggal 17 September 2024 ini menjadi laga yang sangat penting bagi Persib Bandung. Persib Bandung memiliki misi besar untuk mengukir prestasi di laga ini. 

Prestasi dan performa Persib Bandung di kompetisi ini bisa mempengaruhi klub yang ada di Indonesia. Misalnya saja, mempengaruhi jatah partisipasi dari klub sepak bola Indonesia pada masa yang mendatang. 

 

Jadwal Persib ACL 2024 Lengkap 

Jadwal Persib ACL 2024 Lengkap

Jadwal Persib ACL 2024 Lengkap

 

Untuk putaran pertama sudah ada beberapa Jadwal Persib ACL 2024 rilis oleh pihak ACL 2024. Termasuk, jadwal Persib ACL 2024 putaran pertama yang sudah dijadwalkan akan ada 6 pertandingan. 

Setiap pertandingan akan dilaksanakan di stadion sepak bola berbeda dengan format home and away. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah jadwal pertanding Persib Bandung di ACL 2024 selengkapnya untuk putaran pertama: 

Kamis, 19 September 2024 / Stadion Si Jalak Harupat 

  • Persib Bandung VS Port FC 

Kamis, 3 Oktober 2024 / Stadion Huanglong Sports Center 

  • Persib VS Zhejiang FC 

Kamis, 24 Oktober 2024 / Stadion si Jalak Harupat 

  • Persib VS Lion City Sailors FC 

Kamis, 7 November 2024 / Stadion Jalan Besar 

  • Persib VS Lion City Sailors FC 

Kamis, 28 November 2024 / Stadion Pathum Thani 

  • Persib VS Port FC 

Kamis, 5 Desember 2024 / Stadion Si Jalak Harupat 

  • Persib VS Zhejiang FC 

Sesuai dengan jadwal di atas, ada dua jadwal Persib ACL 2024 selesai yaitu melawan Port FC pada tanggal 19 September lalu. Kemudian yang belum lama, melawan Zhejiang FC pada tanggal 3 Oktober lalu. 

BACA JUGA  Menilik Klasemen Persebaya Terbaru 2024

Setelah dua pertandingan ini, Persib Bandung masih memiliki 4 pertandingan lagi. Bahkan, Persib Bandung akan berhadapan kembali dengan Port FC dan Zhejiang FC di akhir jadwal putaran pertama. 

 

Tentang ACL Two dan Perubahan Sistem Klasifikasi Asia 

 

Jika membahas jadwal Persib ACL 2024 berubah, maka harus membahas tentang perubahan pada sistem ACL juga. Bagi penggemar sepak bola Indonesia yang mengikuti perkembangan sepak bola di Zona Asia juga. 

Pasti menyadari bahwa ACL Two baru saja diadakan pada musim ini, sebelumnya tidak ada Jadwal Persib ACL 2024 baru. Karena memang turnamen dalam format ACL 2 atau Two baru diadakan pada musim ini saja. 

Karena seperti yang disebutkan sebelumnya memang tengah terjadi perombakan dan perbaikan mengenai sistem klasifikasi di sepak bola zona Asia. Penyelenggaraan ACL 2 merupakan salah satu tanda perubahannya. 

Sebelumnya, hanya ada dua tingkat kompetisi di zona Asia. Pertama adalah ACL atau Asia Champion League. Kemudian, disusul dengan AFC Cup setelah itu tidak ada level lain di bawah dua pertandingan ini. 

Kini, konfederasi sepak bola Asia atau AFC menerapkan kompetisi dengan tiga level. Untuk liga utamanya ada ACL Elite, kemudian tingkat keduanya ada ACL Two. Kemudian yang baru adalah AFC Challenge League yang akan berperan sebagai kompetisi tingkat tiga. 

Jadi, bisa dikatakan bahwa posisi ACL 2 pada musim ini sama dengan AFC Cup pada musim baru sebagai level 2 kompetisi. Namun, sekarang level kompetisi dan klasifikasinya telah ditambah lagi. 

Hal ini membuka kesempatan lebih luas bagi klub sepak bola yang ada di asia untuk bertanding di zona asia. Karena dengan lebih banyak level, maka lebih banyak tim yang bisa berpartisipasi dan mendapatkan kesempatan untuk masuk ke klasemen zona asia. 

 

Hasil Pertandingan Persib Bandung  Sejauh Ini

Hasil Pertandingan Persib Bandung  Sejauh Ini

Hasil Pertandingan Persib Bandung  Sejauh Ini

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dari 6 pertandingan yang dijadwalkan. Persib Bandung sudah menjalani dua jadwal Persib Acl 2024 awal pada Bulan September dan awal Oktober lalu. Sayangnya, kedua pertandingan ini sama-sama berakhir dengan kekalahan Persib Bandung. 

Karena belum menang maupun seri, tentu saja hal ini membuat Persib Bandung tidak memiliki poin sama sekali. Posisinya pun menjadi terdampar di urutan paling bawah Grup F. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah review dua pertandingan Persib Bandung di ACL:

1. Persib Bandung VS Port FC / 1 – 0

Jadwal Persib ACL 2024 kandang sendiri yang seharusnya memberikan keuntungan bagi Persib Bandung, ternyata tidak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Maung Bandung. Walaupun begitu, pada dasarnya pertandingan memang berjalan dengan alot. 

Banyak sekali moment yang berpotensi menjadi gol namun tidak ada pertahanan yang bobol. Hingga di menit-menit akhir, assist dari Kevin Daeromram bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Willen Mota. 

Tendangannya dari jarak dekat itu kemudian berhasil membobol gawang Maung Bandung. Gol tersebut dicetak pada menit ke-89. Pertandingan antara Persib Bandung dan Port FC ini diwarnai dengan konflik antara Asnawi dan Dimas Drajat. 

Asnawi memang merupakan pemain asal Indonesia yang kini sedang bermain dengan jersey dari Port FC. Konflik ini bermula dengan perebutan bola antara Dimas Drajad dan Asnawi, ketika Drajat menguasai bola dan Asnawi berusaha merebut dari belakang. 

BACA JUGA  Informasi Jadwal Persib Hari Ini Live Terlengkap 2024

Namun, percobaan ini menyebabkan Drajat terjatuh karena mengenai kakinya. Dimas Drajat merasa tidak terima, karena mendapatkan pelanggaran keras dari sisi belakang. Kemudian, mendorong Asnawi dan akhirnya berakhir cekcok. 

Konflik ini sangat disayangkan, mengingat baik Dimas Drajat maupun Asnawi merupakan rekan satu tim yang seringkali bermain sebagai rekan di tim nasional sepak bola Indonesia. Konflik ini berakhir setelah Dedi Kusnandar dan Henhen Herdiana datang menenangkan Asnawi. 

Konflik berakhir dengan Asnawi yang mendapatkan kartu kuning. Kemudian, wasit meniup peluit yang menandakan babak pertama pertandingan sudah selesai. 

2. Persib Bandung VS Zhejiang FC / 1-0 

Jadwal Persib ACL 2024 China membawa Persib bertandang ke Stadion Huanglong Sport Center dan harus rela menelan kekalahan. Walaupun begitu, kemenangan mereka begitu tipis lewat pertandingan yang sangat sengit. 

Persib Bandung menunjukkan penguasaan bola yang sangat baik di awal bola. Namun, penguasaan bola belum cukup mengancam gawang milik Zhejiang FC. Banyak momen yang berpotensi menciptakan gol di pertandingan ini. 

Seperti pada menit ke-10, ketika Jin Cheng mencoba memanfaatkan umpan dari flank kiri. Namun, bisa diamankan oleh Mendoza dengan cepat. Ancaman juga datang pada menit ke-18, di pojok sisi kanan pertahanan oleh Lucas Possignollo namun belum berhasil juga. 

Selang 1 menit, Jean Evrard Kouassi juga mengancam gawang Mendoza dengan memanfaatkan umpan di sebelah kiri. Namun, bisa ditangkap oleh Mendoza sebelum membobol gawang. Satu-satunya gol yang tercipta dari pertandingan ini dijebolkan pada menit ke-67. 

Bola liar disambar oleh Jean Evrard Kouassi yang lepas dari pengawalan Mendoza. Dengan memanfaatkan kesempatan tersebut. Akhirnya, Kouassi berhasil menjebol gawang yang dijaga oleh Mendoza. 

Karena baru melewati dua pertandingan dan belum mendapatkan kemenangan. Persib Bandung sekarang berada di posisi terbawah klasemen Grup F. Karena memang belum memperoleh poin sama sekali sejak putaran pertama dimulai. 

Posisi dari Persib Bandung memang terkesan mengkhawatirkan. Namun, masih ada banyak pertandingan ke depannya sehingga penggemar dan pemain perlu merasa lebih optimis. 

 

Langkah Selanjutnya Untuk Persib Bandung di ACL 2024 

 

Jadwal Persib ACL 2024 Posisi Persib Bandung yang berada di urutan terbawa memang nampak mengkhawatirkan. Namun, sebenarnya terlalu awal untuk penggemar sepak bola Indonesia merasa pesimis. Karena perjalanan masih panjang dan banyak pertandingan Persib Bandung menanti. 

Jadwal Persib ACL 2024 2025 ini hanya merupakan salah satu perjalan Persib Bandung sebagai tim. Apalagi, Persib Bandung bisa dibilang lebih siap menghadapi turnamen selanjutnya setelah belajar dari kekalahannya dari Piala Presiden. 

Karena itu, ada baiknya bagi penggemar untuk tetap merasa optimis. Karena babak ACL 2 ini barulah awal. Putaran pertama saja baru berakhir pada Bulan Desember atau akhir tahun ini. Ada baiknya untuk menunggu perkembangan dari Persib Bandung sendiri. 

Sebagai fans, ada baiknya untuk selalu update dengan perkembangan Persib Bandung dan klub sepak bola Indonesia maupun dunia lainnya. Selalu update pertandingan favorit dan klub favorit di Jalalive. Platform streaming sepak bola yang lengkap untuk para penggemar sepak bola. 

Itulah jadwal Persib ACL 2024 untuk putaran pertama ACL ini, nantikan jadwal selanjutnya dari Persib Bandung. Tidak hanya jadwalnya di ACL saja namun juga di turnamen yang lain. Karena perjalanan dari klub sepak bola satu ini sangat layak untuk dinantikan. 

Related Articles

Back to top button