Intip Performa Gemilang Marc Klok di Indonesia 

Marc Klok, kuda hitam berdarah Belanda ini merupakan pemain bola dengan jejak prestasi yang cukup berlimpah di Indonesia. Setiap pertandingan yang diikutinya meninggalkan kesan yang melekat terhadap pendukungnya khususnya terkait prestasi bola Marc Klok di Indonesia.

Menjelang kualifikasi Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia berhasil mendatangkan beberapa senjata andalan terbaru dari Belanda yaitu Jay Idzes, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, dan Nathan Tjoe-A-On. Marc adalah pemain naturalisasi yang lebih dulu berperan di beberapa tim bola Indo. 

Perjalanan karirnya di Indonesia terhitung sangat mengesankan jika dilihat dari kemampuannya di lapangan dan kualitasnya sebagai pemain sepak bola secara keseluruhan. Prestasi bola Marc Klok di Indonesia wajib sekali untuk dianalisis lebih lanjut lagi dalam rangka mengevaluasi performanya.

Prestasi Marc telah membawanya sampai ke tahap dimana banyak yang mengetahuinya sebagai salah satu pemain sepak bola termahal khususnya di putaran kedua BRI Liga. Tidak mengherankan jika track recordnya membuat banyak pecinta sepak bola jadi tertarik.

Riwayat Karir Marc di Tim Bola Indonesia 

Riwayat Karir Marc di Tim Bola Indonesia 

Riwayat Karir Marc di Tim Bola Indonesia 

Perlu diketahui bahwa titik awal Marc menjadi pemain bola di Indonesia dimulai saat ia bergabung untuk PSM Makassar. Setelah itu ia berhasil mencetak kontribusi lainnya di tim sepak bola seperti Persija Jakarta dan Persib Bandung hingga tim nasional Indonesia.

Kontribusi yang telah melampau lebih dari satu tim sepak bola saja membuat prestasi bola Marc Klok di Indonesia menjadi semakin berlimpah ruah. Tidak terasa, total pertandingan yang ia ikuti sudah melebihi dari 100 pertandingan sepak bola khususnya di Liga 1 Indonesia. 

Tahun 2017 adalah tahun awal dimana Marc pertama kali memasuki tim sepak bola Indonesia yaitu PSM Makassar sampai akhirnya di tahun 2019 ia pindah ke PSIS Semarang. Tahun 2020 ia lanjutkan dengan mengikuti tim sepak bola Persija Jakarta sampai tahun 2021. 

Tidak berhenti disitu saja, di tahun 2021 Marc bermain untuk tim Persib Bandung. Perjalanan karir sepak bola ini telah membawanya hingga ke tahap Timnas Indonesia. November 2020 ia bergabung dengan Timnas, tetapi tertahan karena adanya peraturan FIFA yang harus dipatuhi. 

Salah satu prestasi bola Marc Klok di Indonesia yang cukup membuat kagum penggemarnya adalah tekadnya dalam bermain di Timnas. Untuk mematuhi peraturan FIFA, ia harus tinggal selama lima tahun di Indonesia dan menjadi WNI supaya bisa diterima sebagai anggota.

BACA JUGA : Cukup Nonton dari Rumah, Berikut Platform Jalalive Liga Champions Live Terpercaya

Catatan Prestasi Marc di PSM Makassar 

Catatan Prestasi Marc di PSM Makassar 

Catatan Prestasi Marc di PSM Makassar 

Di PSM Makassar, Marc memegang posisi sebagai pemain gelandang tengah ditemani dengan sesama kawan dari Belanda yaitu Wiljan Pluim. Prestasinya di tim bola ini membuatnya dianggap sebagai salah satu pemain kunci yang berpengaruh signifikan terhadap kualitas tim.

Bahkan baru musim pertama saja, Marc sudah berhasil membawa nama PSM Makassar pada rank kursi ketiga di klasemen Liga 1. Pada musim pertama tersebut ia berhasil menunjukkan kualitas dan kemampuannya yang memukau para pendukung. 

Yang patut dicontoh dari Marc adalah bagaimana ia selalu bermain dengan konsisten dan selalu terpacu untuk berkembang. Buktinya prestasi bola Marc Klok di Indonesia meningkat juga di musim kedua yang berhasil meningkatkan kembali rank PSM dengan posisi runner-up Liga 1 2018.

BACA JUGA  Jadwal Jalalive Liga Inggris 2024/25 untuk Pertandingan ke-8

Prestasi terbesar yang menghebohkan penggemar sepak bola adalah ketika Marc berhasil memberikan kontribusi dalam membawa PSM Makassar untuk meraih juara Piala Indonesia di tahun 2019-2019. Tidak ada yang menyangka Juku Eja ini berhasil meraih trofi tersebut.

Kontribusi Marc di Persija Jakarta  

Kontribusi Marc di Persija Jakarta  

Kontribusi Marc di Persija Jakarta  

Nama Marc tentunya semakin terangkat dengan prestasi yang telah ia cetak sebelumnya di PSM Makassar. Hebatnya kuda hitam dari Belanda ini adalah kemauan untuk terus berkembang dan meningkatkan kembali kemampuannya dengan mencoba untuk mengikuti tim bola lainnya.

Maka dari itu hadirlah Marc di salah satu tim sepak bola yang terkenal di Indonesia yang tak lain lagi adalah Persija Jakarta. Posisinya tidak beda jauh seperti ketika ia bermain di PSM Makassar. Di Persija Jakarta ia juga mengambil peran sebagai gelandang tengah. 

Dengan posisi sebagai gelandang tengah ini, Marc berhasil untuk yang kesekian kalinya dalam meninggalkan jejak prestasi bola Marc Klok di Indonesia. Khususnya ia kembali berhasil membantu Persija Jakarta ini dalam meraih juara Piala Indonesia di tahun 2022. 

Gol yang berhasil Marc cetak ketika memberikan kemenangan untuk Persija Jakarta di Piala Indonesia tahun 2022 adalah sebanyak dua kali gol. Teknik dan permainannya dalam memberikan umpan ketika di lapangan sangat memberikan pengaruh penting pada performa keseluruhan. 

Di samping piala Indonesia, ia juga tetap konsisten memberikan performa yang baik saat kompetisi Liga 1 dengan hasil posisi yang cukup memuaskan bagi Persija Jakarta  yaitu di posisi puncak klasemen atau papan atas. 

Capaian Marc Ketika di Persib Bandung 

Masih melanjutkan karir sepak bolanya untuk meningkatkan kemampuannya secara terus menerus, Marc juga membuat pencapaian ketika di Persib Bandung. Tentunya pada tim ini, ia mendapat kesempatan untuk menjadi kapten pada beberapa pertandingan.

Kehadirannya di Persib Bandung juga ikut berkontribusi dalam prestasi bola Marc Klok di Indonesia. Dengan kemampuannya yang mampu mendistribusikan bola secara baik, ia berhasil membawa Persib Bandung menjuarai pertandingan Piala Menpora di tahun 2021. 

Namun, tidak seperti prestasi sebelumnya kali ini ia tidak kembali berhasil memenangkan Liga 1. Yang Marc dapatkan dalam Liga bukanlah prestasi lainnya tetapi malah sebuah sanksi langgaran dengan denda sebesar Rp10 juta yang dijatuhkan dari Komdis PSSI.

Sayang sekali prestasi bola Marc Klok di Indonesia harus terhambat karena adanya pelanggaran yang ia lakukan ketika bermain di lapangan bersama tim Persib Bandung. Ternyata, Marc sempat melakukan tindakan yang termasuk sebagai unsporting behavior saat bertanding di lapangan. 

Tindakan yang Marc lakukan secara spesifiknya terjadi dalam bentuk protes yang terhitung berlebihan terhadap wasit. Ini ia lakukan ketika pertandingan pekan ke-10 di Liga 1 tahun 2022. Mirisnya lagi saat itu ia melawan PSM Makassar, tim dimana ia sempat bertanding bersama. 

Prediksi Marc Di Pertandingan Selanjutnya 

Pelanggaran yang telah Marc lakukan tentunya menimbulkan beberapa perasaan yang kecewa di kalangan penggemarnya. Ditambah lagi ternyata pelanggaran yang ia lakukan ketika di pertandingan Liga 1 bukanlah pelanggaran terakhir yang ia lakukan. 

Pelanggaran selanjutnya adalah ketika bertanding melawan Persija di 23 September tahun 2024 ini. Padahal awalnya ia hanya diberi keringanan dengan kartu kuning tapi pada akhirnya wasit memberikan kartu merah. Ini menimbulkan prediksi yang tidak pasti terhadap performanya.

Sebelumnya, ia jadi mendapatkan kartu merah karena telah melakukan salah satu pelanggaran keras ketika menghadapi Maciej Gajos dari Persib. Saat itu Marc bertindak secara kasar dalam bentuk tackle dan ketika ditinjau melalui VAR ia jadi mendapat kartu merah. 

BACA JUGA  Fitur dan Alasan Memilih Jalalive Liga 1 Indonesia Live

Pelanggaran keduanya ini ternyata menjadi hambatan terbesar dalam prestasi bola Marc Klok di Indonesia. Ia tidak diperbolehkan untuk berpartisipasi dan mengikuti pertandingan sepak bola terdekat yaitu kompetisi melawan Persebaya Surabaya dan Persik Kediri. 

Walaupun sempat tidak mengikuti dua pertandingan, Marc bangkit kembali setelah masa suspensinya berakhir di September 2024 ini. Pertandingan terdekat yang akan Marc ikuti ada di tanggal 18 Oktober 2024 yaitu melawan Persebaya Surabaya. 

1. Berdasarkan Performanya di Timnas Indonesia 

Performa Marc di timnas Indonesia menjadi pembahasan yang wajib sekali dibicarakan khususnya ketika berada dalam topik prestasi bola Marc Klok di Indonesia. Marc sudah menunjukkan performa yang mengagumkan dengan tendangannya yang berhasil mencetak gol. 

Namun, saat FIFA Matchday berlanjut kehadiran Marc tidak terlihat dalam starting eleven tersebut. Ternyata alasan dibalik ketidakhadirannya adalah karena sakit. Hal ini mungkin akan menjadi penghambat baginya di pertandingan ke depannya. 

Diluar pertandingan FIFA Matchday  yang mungkin belum sepenuhnya menunjukkan performa dari Marc secara maksimal, para pecinta sepak bola bisa melihat performa selebihnya melalui pertandingan kualifikasi piala Asia di tahun 2023. 

Klok ikut berkontribusi dalam membawakan Indonesia lolos hingga piala Asia 2023. Di samping itu ia juga bermain dalam pertandingan AFF dengan timnas yang memberikan pengaruh signifikan dari kemampuan bertahan dan menyerangnya tersebut. 

Secara keseluruhan, Marc sebenarnya telah bertanding sebanyak 19 kali bersama Timnas Indonesia. Dari pertandingan tersebut ia telah berhasil memberikan kontribusi dalam bentuk empat gol dan satu assist. 

Sayang sekali ternyata pemain ulung Klok ini namanya sudah mulai menghilang di kalangan para penggemar sepak bola. Ditambah lagi ternyata ia tidak dipilih oleh Shin Tae-Yong untuk lanjut bertanding dengan Timnas. 

2. Evaluasi Performa Klok Si Kuda Hitam

Walaupun Marc gagal terpilih untuk lanjut bertanding dengan Timnas dalam pertandingan dekat ini, tetapi sejauh ini tidak dapat dipungkiri bahwa Marc telah menunjukkan kontribusi yang luar biasa terutama jika membicarakan prestasi bola Marc Klok di Indonesia

Maka dari itu penting sekali untuk melakukan evaluasi terhadap performanya sejauh ini. Evaluasi ini dapat memberikan gambaran akan peluang bermain Marc di pertandingan-pertandingan selanjutnya yang akan ia ikuti. 

Dari sekian track recordnya dalam bermain sepak bola, March telah membuktikan bahwa dirinya memang sangat pantas untuk memegang posisi sebagai pemain gelandang tengah. Kemampuannya sangat unggul khususnya dalam mendistribusi bola dan serangan serta bertahan. 

Dari berbagai tim sepak bola yang ia ikuti khususnya di Indonesia, banyak yang menganggap Marc sebagai pemain kunci dari tim mereka. Hal tersebut tentunya tidak mengherankan, mengingat prestasi bola Marc Klok di Indonesia

Walaupun ia terkenal dengan kemampuan dan teknik yang mengagumkan tetapi secara emosional mungkin ia memiliki kelemahan yang dapat menghambatnya dalam pertandingan. Buktinya ia telah dua kali terkena pelanggaran karena tak bisa menahan amarahnya. 

Para penggemar Klok tidak perlu khawatir dengan karir sepak bola Klok ke depannya. Walaupun sempat jatuh karena sakit atau karena hambatan seperti adanya pelanggaran sehingga terkena sanksi dan hukuman, Marc tetap memiliki semangat membara dalam dunia sepak bola. 

Para penggemar tetap bisa mengikuti pertandingan sepak bola dan menunjukkan dukungan secara maksimal dengan menontonnya secara langsung. Bagi yang tidak bisa menonton secara langsung, tentunya tidak perlu khawatir karena terdapat streaming pertandingan bola terbaik yaitu Jalalive.

Dengan melakukan live streaming pertandingan bola di Jalalive, para penggemar sepak bola khususnya penggemar Marc Klok tentunya bisa mendapatkan pengalaman menonton bola terbaik secara maksimal.

Related Articles

Back to top button