Jalannya Pertandingan Timnas Indonesia Di Piala Dunia 2026

Pertandingan Timnas Indonesia memang selalu menarik diikuti, terutama bagi penggemar sepak bola. Ditambah lagi dengan prestasi Timnas yang melesat belakangan ini. Yang mengkhawatirkan, dalam ajang Piala Dunia 2026, Indonesia masuk grup berat.

Pasalnya Indonesia masuk pada Grup C yang membuat Indonesia akan berhadapan dengan beberapa Timnas kuat lainnya. Seperti Timnas Australia, Timnas Jepang sampai dengan Timnas Saudi Arabia. Oleh sebab itu diperlukan persiapan yang matang dari pemain.

 

Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026


Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

 

 

Pertandingan Timnas Indonesia 2024 memang semakin memperlihatkan kualitasnya. Hal ini terbukti dengan keberhasilan Timnas Indonesia yang masuk putaran ketiga Piala Dunia 2026. Meski banyak yang menilai bahwa Indonesia masuk dalam Grup yang sulit.

Tapi semangat pada pemain dan pelatih tidak luntur. Salah satunya bisa dilihat dari keberhasilan Timnas Indonesia menahan imbang Timnas Australia. Babak ketiga kualifikasi Piala Dunia akan berlangsung antara September hingga 10 Juni tahun depan.

Tentunya format yang dipakai dalam pertandingan sepak bola bergengsi tingkat dunia ini tetap memaki kandang dan tandang. Pada Zona Asia biasanya akan dilakukan pembagian Grup menjadi 3.

Dimana nantinya setiap Grup akan berisikan 6 tim kesebelasan. Sebab dalam Zona Asia sendiri setidaknya ada 18 tim sepak bola yang akan saling adu skill untuk mendapatkan posisi terbaik. Para penggemar, jangan lupa saksikan pertandingan Timnas Indonesia terkini

 

Perjalanan Timnas Indonesia di Piala Dunia 2026 

 

Bisa dibilang perjalanan Timnas Indonesia untuk sampai di babak yang sekarang tidaklah mudah. Hal ini karena Timnas Indonesia sempat mengalami imbang bahkan kekalahan. yang membuat peluang melaju ke fase berikutnya semakin kecil seperti penjelasan berikut:

1. Kalah Dari Irak 

Sebelum berhasil melaju di posisi yang sekarang, nyatanya Indonesia sempat kalah dalam laga yang pernah dilalui loh. Contohnya seperti saat Timnas Indonesia berhadapan dengan Timnas Irak yang berakhir dengan kekalahan 5 – 1. 

2. Ditahan Imbang Filipina 

Perjalanan pertandingan Timnas Indonesia selanjutnya harus menghadapi Timnas Filipina. Dari pertandingan tersebut hanya berakhir imbang 1 – 1. Perolehan tersebut membuat peluang untuk maju di Piala Dunia babak berikutnya semakin tipis. 

3. Menang Atas Vietnam 

Setelah mengalami kekalahan dan hanya bisa berakhir imbang di kedua laga melawan Irak dan Filipina. Nyatanya tidak membuat nyali para pemain Timnas Indonesia menciut dan gentar. Terbukti dengan keberhasilan Timnas Indonesia di laga berikutnya. 

Pada laga lanjutan, Indonesia bertemu dengan Vietnam dan berhasil memenangkan pertandingan. Hasil skor yang didapatkan adalah 1- 0 saat berlaga di kandang sendiri, serta 3 – 0 saat berlaga di kandang lawan.

Tentunya dengan hasil ini mampu membuat kepercayaan diri Timnas Indonesia meningkat. Darun hasil pertandingan Timnas Indonesia tahun ini tersebut mampu mengantarkan pada peringkat kedua klasemen.

4. Kembali Kalah dari Irak

Menghadapi Irak, nyatanya Indonesia harus menelan pil pahit kembali karena kalah dengan skor 0 – 2. Hal ini membuat perjuangan Timnas Indonesia semakin berliku. Pertandingan berikutnya, Vietnam melawan Filipina dengan skor 3-2 untuk kemenangan Vietnam.

5. Mengalahkan Filipina

Bisa dibilang ini merupakan laga pamungkas yang dilakukan oleh Timnas Indonesia. Sebab dalam laga ini, Timnas Indonesia berhasil menaklukkan Filipina dengan skor akhir 2 – 0. Pertandingan digelar di stadion Gelora Bung Karno.

Dari hasil pertandingan tersebut membuat Timnas Indonesia dinyatakan lolos untuk memasuki putaran ketiga Piala Dunia 2026. Dalam Grup F yang diikuti, Timnas Indonesia menempati peringkat kedua setelah Irak sebagai peringkat pertama.

BACA JUGA  Persib Jadwal Liga 1 Lengkap 2024/2025: Update Terbaru dan Perjalanan Persib Bandung

 

Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2026

Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2026

Jadwal Pertandingan Piala Dunia 2026

 

Jadwal pertandingan Timnas Indonesia senior dalam ajang Piala Dunia 2026 akan dibagi menjadi 2 leg. Dimana leg pertama sudah dimulai tanggal 5 September 2024 lalu dan akan berakhir hingga 13 November 2024. Lalu dilanjutkan leg kedua seperti berikut:

1. Pertandingan Leg 1

Kompetisi sepak bola bergengsi tingkat dunia sudah mulai menunjukkan siapa – siapa tim kesebelasan yang unggul. Meski begitu perjalanan masih panjang dan apapun bisa terjadi.

Pada leg pertama yang digelar tanggal 5 September 2024. Menampilkan pertandingan antara Timnas Saudi Arabia dengan Timnas Indonesia dengan hasil akhir imbang.  Skor yang diperoleh saat itu adalah 1-1.

Dilanjutkan dengan pertandingan berikutnya pada tanggal 10 September antara Timnas Indonesia melawan Timnas Australia. Yang juga berakhir imbang, 00. Di tanggal 10 Oktober digelar pertandingan antara Timnas Bahrain melawan Timnas Indonesia.

Sedangkan di tanggal 15 Oktober pertandingan Timnas Indonesia putaran ketiga akan berhadapan dengan Timnas China. Leg pertama terakhir yaitu 14 November yang akan mempertemukan Timnas Indonesia dengan Timnas Jepang.

2. Pertandingan Leg 2

Setelah pertandingan Leg pertama selesai dilangsungkan. Maka akan dilanjutkan dengan leg kedua. Pertandingan Leg kedua alam dimulai tanggal 19 November 2024 yang akan mempertemukan Timnas Indonesia dengan Timnas Saudi Arabia.

Laga berikutnya berlangsung tanggal 20 Maret 2025 yang akan mempertemukan Timnas Australia dengan Timnas Indonesia. Berlanjut di tanggal 2 Juni 2025 Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timnas China.

Terakhir yaitu pertandingan Timnas Indonesia terdekat akan membawanya berhadapan dengan Timnas Jepang. Pertandingan ini digelar pada tanggal 10 Juni 2025.

 

Lokasi Strategis Persiapan Timnas Indonesia

 

Untuk mempersiapkan pertandingan dengan hasil terbaik dilakukan berbagai macam usaha oleh Timnas dan pihak yang berkaitan. Hal ini tidak main-main sebab target dari Timnas Indonesia sendiri adalah mendapatkan poin maksimal.

Hal ini dipersiapkan dengan matang, terutama saat laga kontra Bahrain maupun China mendatang. Menurut jadwal, Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Timnas Bahrain pada tanggal 10 Oktober dan Timnas China 15 Oktober mendatang.

Yang menjadi tantangan serta kendala saat pertandingan Timnas Indonesia VS Bahrain maupun China, salah satunya adalah suhu. Pasalnya saat laga berhadapan dengan Bahrain dilangsungkan di Raffa yang terkenal panas.

Setelah itu akan berhadapan dengan China yang berlangsung di Qingdao yang terkenal cukup dingin. Sehingga dalam hal ini pemusatan latihan Timnas akan dilakukan di Turki atau pun Qatar.

Turki dipilih karena sang pelatih kerap kali melakukan TC Timnas Indonesia di sana. Sedangkan Qatar dipilih karena memiliki fasilitas yang cukup bagus. Sebab Qatar baru saja menjadi tuan rumah Piala Asia 2023 serta Piala Dunia 2022.

 

Fakta Menarik Timnas Indonesia di Piala Dunia 2026
Fakta Menarik Timnas Indonesia di Piala Dunia 2026

Fakta Menarik Timnas Indonesia di Piala Dunia 2026

 

Pertandingan Timnas Indonesia U 23 atau U lainnya yang sedang berkompetisi di Piala Dunia 2026 cukup menarik bagi penggemarnya. Salah satunya karena menyuguhkan fakta yang terkadang unik dan menarik jika ditelisik lebih jauh seperti ulasan berikut:

1. Pertama Kali Bagi Timnas Indonesia

Menurut informasi yang ada, Timnas Indonesia belum pernah masuk pada tahap akhir kualifikasi Piala Dunia. Sehingga dengan pencapaian tersebut adalah kebanggaan tersendiri bagi orang Indonesia.

Nantinya Indonesia akan berhadapan dengan Timnas negara lain yang berasal dari 17 negara berbeda. Sehingga jika dijumlahkan ada 18 negara, termasuk Indonesia. Biasanya negara-negara tersebut akan dibagi menjadi 3 Grup.

BACA JUGA  Jalalive Liga Jerman Musim 2024/2025, Ini Daftar Klub yang Akan Bertanding!

2. Perolehan Poin Indonesia

Setelah menjalani pertandingan Timnas Indonesia VS Australia yang gelar beberapa waktu lalu. Indonesia berhasil memperoleh 2 poin dari 2 laga yang dilakukan. Kedua laga tersebut sama-sama memperoleh hasil imbang, baik dengan Saudi Arabia maupun Australia.

Dari poin yang berhasil diraih membuat Indonesia berada di urutan ke 4. Posisi puncak ditempati oleh Jepang dengan perolehan 6 poin setelah berhasil mengalahkan Bahrain dan China. Sedangkan Saudi Arabia berada di peringkat 2 dengan perolehan 4 poin.

3. Pertahanan Kokoh Menjadi Kunci

Salah satu kunci kesuksesan Timnas Indonesia hingga di titik ini adalah punya ketahanan yang tidak mudah dijebol lawan. Diketahui beberapa permainan Timnas Indonesia mampu bermain secara kompak untuk kemenangan bersama.

Sebut saja ada Justin Hubner, Jay, serta Ridho yang tampil di bagian lini belakang. Pertandingan Timnas Indonesia VS Saudi Arabia atau negara lain juga didukung oleh kemampuan Maarten Paes. Yang bertugas menjaga gawang agar tidak kebobolan.

4. Pertama Kali Seri dengan Australia

Salah satu prestasi di balik keberhasilan Timnas Indonesia yaitu mampu bertahan seri saat melawan Australia. Bahkan ini menjadi yang pertama setelah 15 tahun. Sebelumnya Indonesia memang sempat menahan seri saat melawan Australia.

Tapi saat itu sedang menjalani babak kualifikasi dalam kompetisi Piala Asia. Pertandingan dilangsungkan di kandang sendiri sehingga keriuhan penonton cukup  semangat para pemain.

5. Otomatis Lolos Piala Asia 2027

Saat pertandingan Timnas Indonesia U 19 atau lainnya berhasil masuk dalam kualifikasi Piala Dunia babak ketiga. Maka akan secara otomatis Timnas Indonesia akan masuk pada ajang bergengsi Piala Asia di tahun 2027.

Sebab perlu diketahui bahwa babak kualifikasi Piala Dunia 2026 itu memang dijadikan sebagai ajang kualifikasi juga untuk Piala Asia 2027. Sehingga bagi yang lolos akan secara otomatis masuk di kualifikasi Piala Asia.

Bahkan dari pertandingan yang dilalui, Indonesia memiliki pendukung yang jumlahnya cukup banyak. Terutama saat melawan Australia beberapa waktu lalu. Jika di total jumlah penonton pada saat itu mencapai 70.059.

6. Disediakan Bonus dari PSSI

Pihak dari PSSI sendiri memberikan pernyataan bahwa akan memberikan hadiah apabila Timnas Indonesia berhasil masuk kualifikasi Piala Dunia 2026. Dimana bonus yang dimaksud tidak cuma bonus yang akan diberikan saat pertandingan Timnas Indonesia lolos kualifikasi.

Tapi juga ada bonus untuk yang berhasil masuk di tahap berikutnya. Bonus tersebut selain untuk tanda terima kasih sudah mengharumkan nama bangsa Indonesia. Tapi juga untuk memberikan semangat pada para atlet.

7. Berpotensi Naik Peringkat FIFA 

Pertandingan Timnas Indonesia Piala Dunia yang belakangan berhasil menorehkan prestasi memukau. Ternyata juga berpotensi untuk membuat peringkat Indonesia di FIFA meningkat.

Bahkan ada yang menyebutkan bahwa kenaikan tersebut bermula dari peringkat 133 akan naik menjadi peringkat 129. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab sudah dipertimbangkan dengan jumlah poin yang dimiliki oleh Indonesia mencapai 8,57.

Dari pencapaian tersebut memperlihatkan bahwa Indonesia mampu untuk bersaing dengan sejumlah tim kesebelasan kuat lainnya. Besar harapan nantinya posisi sepak bola Indonesia akan benar – benar naik peringkat.

 

Penutup

Demikian penjelasan mengenai pertandingan Timnas Indonesia dalam ajang Piala Dunia 2026. Nah, bagi para penggemar sepak bola yang ingin menyaksikan siaran langsungnya bisa memakai Jalalive sebagai platform streaming bola.

Related Articles

Back to top button